Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat

MOBIL MOGOK - Overheat adalah suatu kondisi mesin mengalami suhu panas berlebih. Panas berlebih pada mesin bisa membuat kerusakan yang fatal, pada umumnya kondisi dimana mesin mengalami overheat bisa anda lihat pada panel dasboard dimana pada meter temperatur suhu menunjuk suhu yang Hot. Saat mesin mengalamai overheat, hal yang pertama terjadi adalah mesin terasa ngelitik atau batuk-batuk, dan mulai kehilangan tenaga hal ini disebabkan oleh kombinasi panas dan tekanan ruang mesin yang melebihi batas octane BBM kita. tentunya pada setiap mobil ada kontrol untuk melihat suhu mesin yang pada umumnya ditandai dengan C dan H. Mesin yang mengalami panas berlebih atau Overheat bisa diakibatkan oleh Cairan Pendingin atau air radiator yang habis atau berkurang akibat jarang anda cek, atau juga bisa akibat ada kebocoran pada selang radiatoir, atau pada radiatornya atau juga pada saluran pendingin mesin, atau juga akibat Kipas Radiator atau yang mati ini bisa terjadi pada jenis elektrik atau juga vanbelt kipas putus atau kendur ini bisa terjadi jika penggerak kipas yang menggunakan vanbelt. Thermosthat yang macet atau juga radiator yang kotor tersumbat yang bisa menyebabkan sistem pendingin tidak normal.

Overheat dapat menyebabkan kerusakan parah pada piston, ring piston, dan rod bearing. Selain itu, panas dan tekanan berlebih dapat membengkokan cylinderhead dan juga bisa membakar cylinderhead gasket, Tentunya gejala panas berlebih ini ada penyebabnya. dan penyebabnya seperti yang saya sebutkan diawal tadi. nah selengkapnya mengenai apa dan kenapa mesin bisa mengalami panas berlebih atau overheat, berikut ini adalah beberapa penyebab mesin panas/overheat yang saya ketahui. jika mesin mobil anda atau juga sepeda motor mengalami gejala overheating baca beberapa yang bisa menyebabkanya untuk menentukan hal yang harus diperiksa dan diperbaiki. jangan anggap remeh panas berlebih atau overheat pada mesin karena mesin yang panas bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin kendaraan anda.

Langsung saja ke bahasannya, berikut ini beberapa penyebab kasus mesin panas / Overheat. ini diantaranya disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah Jangan buka tutup raditor saat panas, di tutupnya aja udah diperingati "Don't Open When Hot" yang kedua juga jangan tambah air radiator ketika mesin panas ini bahaya. dan lanjut ke pembahasan :
1. Radiator 
Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat

Radiator adalah salah satu yang banyak menjadi penyebab mesin panas atau overheat, mulai dari raditor yang tersumbat (kotor) sehingga aliran air pendingin terhambat, bisa juga sirip-sirip elemen pendingin rusak. atau juga bisa akibat dari selang radiator ada yang sobek atau bocor. coba anda cek ketinggian air radiator di cadangan dan di raditornya jika kurang maka segera tambah dengan cairan raditor. jika diketahui air raditor keruh, maka yang harus anda lakukan adalah anda perlu Menguras radiator. menguras radiator bisa anda lakukan sendiri atau juga bisa anda bawa ke tukang kuras radiator. jika terjadi kebocoran, maka anda juga harus segera bawa ke bengkel untuk memperbaikinya. untuk cara menguras raditor saya sudah tulis di blog ini, silahkan cari di kolom pencarian atau anda kunjungi Sitemap Blog ini untuk mencarinya.
2. Kipas pendingin / extra fan
Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat
Kipas pendingin juga berperan penting untuk mendinginkan mesin, jika kipas pendingin tidak berfungsi, maka mesin akan mengalami overheat. kita ketahui ada dua jenis kipas pendingin berdasarkan penggeraknya, ada yang elektrik dan juga ada yang digerakan oleh putaran mesin melalui vanbelt. untuk yang elektrik akan bekerja ketika mesin di suhu panas tertentu. dan untuk yang manual, akan berputar seiring dengan putaran mesin. untuk yang manual akan mudah terlihat jika tidak berfungsi dan pastinya akan diakibatkan oleh vanbelt yang kendur atau putus. kalo untuk yang elektrik ini yang biasanya kecolongan. karena kipas akan tidak bekerja jika mesin dingin. kipas elektrik akan bekerja jika mencapai suhu panas tertentu dan akan mati kembali jika sudah dingin mesinnya. jika kipas pendingin mobil anda mati, segera cek ke bengkel karena ada beberapa yang harus di cek, baik dinamo kipasnya itu sendiri, kabel, sekring ataupun relaynya.

Satu lagi nih yang bisa terjadi pada kipas radiator, ketika kipas radiator dipasang terbalik, ini bisa terjadi jika habis servis bisa mengakibatkan juga mesin panas, kenapa, karena cara kerja kipas ini adalah menyedot udara dingin di depan mesin/radiator dan jika terbalik maka akan meniupkan udara panas dari area mesin ke raditor. bukanyya dingin malah panas kan.
3. Thermostat 
Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat

Fungsi katup thermostat adalah untuk menahan air pendingin agar bersirkulasi hanya pada mesin apabila suhunya masih rendah dan membuka saluran dari mesin ke radiator agar terjadi sirkulasi air pendingin dari mesin ke radiator dan dari radiator ke mesin pada saat mesin telah mencapai suhu kerjanya. jadi simplenya adalah thermostat menutup saluran pada saat mesin dingin dan membuka pada saat mesin panas agar terjadi sirkulasi cairan pendingin untuk mendinginkan mesin. sehingga dari cara kerja tersebut, mesin berada pada suhu optimal untuk kinerjanya. jika thermostat macet (rusak), maka bisa jadi komponen ini tidak membuka saat mesin panas dan cairan pendingin tidak bersirkulasi. anda bisa baca cara cek Thermostat mobil anda.
4. Bahan bakar
Bahan bakar yang di set terlalu irit ( setingan main & pilot jet ) pada mesin yang menggunakan karburator juga bisa menyebabkan mesin panas atau overheat. jadi jika anda ingin mobil anda menjadi irit, ketika seting pada karburator jangan juga terlalu ekstrin. anda juga harus pertimbangkan suhu mesin yang akan terdampak.
5. Cyliderhead dan Cylinderhead Gasket rusak 
Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat 
Cylinder head adalah bagian teratas dari mesin, antara cylinderhead dan blok mesin terdapat Cylinderhead Gasket atau paking deksel. di area ini terjadi proses pembakaran dan juga terdapat saluran pendingin yang dialirkan dari radiator. jika cylinderhead melengkung tentunya antara head dan blok akan terjadi tidak rapat begitu juga jika Gasketnya terbakar. hal yang bisa terjadi adalah kompresi yang bocor melewati gasket dan meniup ke saluran pendingin. ini biasa mengakibatkan mesin panas. akibat dari kondisi ini adalah air radiator yang keluar dari tangki cadangan, biasanya air radiator berkurang tapi tangki cadangan malah penuh. atau paling parah, radiator atau selang radiator bisa jebol akibat tekanan udara yang masuk ke sistem pendingin. kondisi kerusakan ini bisa nda cek dengan melihat gelembung udara pada radiator. caranya :

Buka penutup radiator pada saat mesin dingin ya, start mesin dan lihat apakah air radiator nyembur gak, jika tidak ini pertanda baik, kemudian coba sedikit gas mesin dan perhatikan pada air raditor, jika terjadi gelembung2 udara keluar maka ini pertanda kurang baik.
6. Water pump
Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat
Cairan Pendingin pada mesin dialirkan oleh pompa (Water Pump) jika waterpump tidak bekerja dengan baik maka cairan pendingin kurang tersalurkan. biasanya terjadi akibat baling2 waterpump terkikis korosi. jika begitu, bisa membuat mesin panas.

So, Jangan anggap remeh gejala mesin panas berlebih ini, segera periksa dan perbaiki. Overheat bisa menyebabkan piston lengket dan setang piston bengkok dan lainnya. semoga bisa membantu anda dan bermanfaat.

Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia