Tips Ringan Mencari Penyebab Dan Memperbaiki Kendaraan Mogok

Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet

Advertisement

MOBIL MOGOK - Ada kalanya kita dipusingkan ketika membuka mur/baud yang macet. Dari pada kena eh baudnya malah gundul. Mohon maaf sebelumnya mungkin untuk yang sudah biasa bergelut di bidang ini ( mekanik ) ini bukan lah hal yang membingungkan. Tapi lain hal untuk orang-orang yang tidak terbiasa (awam).

Disini saya akan berbagi hal-hal yang biasa saya lakukan dalam keseharian saya bekerja di sebuah bengkel.

Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet

CARA MEMBUKA BAUT, MUR, SEKRUP MACET
  • Membuka Mur Macet.
Sebelum kita membuka mur, kita lihat dulu kondisi drat bautnya dulu. Jika dratnya mulus bersih kita bisa langsung membukanya. Apabila drat kotor oleh debu/tanah yang mengeras, sebaiknya bersihkan dulu dengan sikat kawat, kemudian anda basahi drat bisa dengan air, oli atau minyak rem. Cairan-cairan ini akan memudahkan kita ketika memutar mur saat di buka/lepas. Yang sering saya pake adalah minyak rem.

Gunakanlah mata kunci sok segi enam ( bukan yang keriting/gerigi ) hal ini untuk menghindari mur gundul. Ketika pertama mengendurkan kunci jangan langsung di tekan/tarik tapi saran saya kendurkan mur dengan tekanan pukulan telapak tangan pada kunci ( seperti memukul dengan palu )
  •  Membukabaud macet.
Langkahnya sama seperti mur tadi. Tapi bila perlu pukul-pukul dahulu kepala baut jika baut memang benar-benar susah dibuka. Ketika baut mulai bisa diputar tapi ada masalah baru yaitu seret, beri cairan minyak rem ke celah drat biasanya cara ini akan membantu melancarkan.
  • Membukasekrup macet.
Tidak banyak cara yang dilakukan untuk membuka sekrup yang macet/keras. Sebelum membukanya, anda ambil obeng, tempelkan ke sekrup lalu pukul dulu sebelum mengendurkan.

Demikian cara-cara yang biasa saya lakukan di keseharian saya, semoga membantu anda yang sedang keringatan membuka baut macet he.he……..

Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia

0 komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan Komentar Anda, Mohon Tidak Menyertakan Link Aktif.