Cara Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak

MOBIL MOGOK - Ball joint (boljoin) dan Tie rod (terot) adalah bagian dari komponen kemudi di kendaraan roda 4. seiring dengan bertambahnya usia pakai kendaraan, dan seringnya kendaraan melintasi medan jalan rusak, komponen ini akan mengalami kerusakan. Ciri komponen ini rusak adalah goyang/longgar akibat bantalan di dalam joint aus. Jika mobil menginjak jalanan rusak akan terdengar bunyi (gluduk2) dan jika setir di goyang-goyang, akan terasa jarak bebas terlalu panjang, dan terlihat tie rod goyang. untuk ball joint, jika roda di angkat ( di dongkrak dari chasis ) dan di goyang-goyang atas bawah, akan terasa roda kemudi goyang. Anda juga bisa mengetahui Beberapa Penyebab Getaran di Mobil

Komponen ini aus bisa diakibatkan oleh pelumas di dalamnya kering. beberapa jenis Tie Rod seperti yang terdapat pada mobil truk dan kendaraan besar lainnya memerlukan pemberian gemuk atau stempet atau grease secara berkala. jika tidak dilakukan maka akan cepat aus. tandanya terdapat baut niple pada bagian bawah ball joint atau tie rod tersebut. niple ini untuk memasukan stempet menggunakan pompa stempet.

kembali ke cara memperbaiki Ball joint & Tie rod, untuk cara memperbaikinya tentunya anda harus buka dan menggantinya dengan part atau komponen yang baru. namun jika kesulitan mendapatkanya atau hal lain, bisa anda perbaiki atau siasati dengan cara berikut ini.

Cara Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam memperbaiki tie rod atau ball joint rusak. dan lakukan sesuai dengan panduan berikut ini :
1. Langkah Pertama, Buka Tie Rod atau Ball Joint
Cara Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak
Tie Rod
Buka ball joint/tie rod dengan melepas pin pengaman mur, kendorkan dan buka mur, kemudian buka joint menggunakan kunci khusus untuk membuka tie rod/special tools atau anda bisa memukul-mukul dudukan memakai palu.
Cara Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak
Alat buka Tie Rod
2. Langkah Kedua, Pukul Sampe Seret.
Setelah berhasil di lepas, buka karet bootnya, ambil pipa dan masukan joint seperti di bawah ini. Pukul bagian yang ada tanda panah seperti di gambar berikut ini dengan palu. sampai seret dan ball joint/tie rod tidak longgar.
Cara Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak
Pukul yang ditunjuk panah
3. Langkah Ketiga, Pasang kembali dan Spooring.
Pasang kembali ke kemudi setelah diberi stempet dan boot dipasang kembali. bila perlu kendaraan anda langsung di Spooring & Balancing. kalo kesulitan untuk spooring di bengkel khusus, tenang saja gan, saya punya solusinya yang sudah saya tulis di artikel yang lain. kenapa tidak disini karena sengaja biar yang khusus cari cara spooring juga bisa menemukannya, Untuk cara sederhana menyepooring mobil, lihat di cara spooring.

Itu tadi langkah-langkah dalam Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak hasil dari pengalaman saya selama kerja di bengkel. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Memperbaiki Ball Joint & Tie Rod Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia