Cara Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel

Mobil Mogok - Pada kesempatan ini, saya akan mencoba memberikan tips tentang mencari kendala yang membuat mobil anda mogok mengalami masalah pada mesin khusus pada mobil diesel " Solar ". sebagai mana sebelumnya saya membahas tentang mobil bermesin bensin. memang beda antara cara memeriksa dan memperbaiki mobil bensin dan mobil diesel. kenapa karena perbedaan sistem cara kerja pada kedua jenis mesin tersebut. hal yang paling terlihat pada perbedaanya adalah pada penggunaan perangkat komponen pengapian mesin. pada mesin bensin menggunakan busi sebagai pemercik bunga api dan sumber listriknya dari batre. sedangkan pada mesin diesel tidak menggunakan pengapian untuk proses pembakaran bahan bakar. tidak ada busi yang berperan untuk pemercik bunga api di ruang bakar namun pada prinsip kerjanya adalah udara di kompresi hingga sangat panas.

Pada mesin diesel atau solar, memang ada busi pemanas atau glow plug, namun itu berbeda dengan busi yang terdapat pada mesin bensin. busi pemanas pada mesin diesel tidak memercikan api, melainkan hanya batang yang dipanaskan sama seperti setrika gitu deh sederhananya. jadi tidak terjadi percikan api pada busi pemanas ini.

Mesin Diesel yang dilakukan perawatan berkala secara rutin sebetulnya jarang terjadi rewel, beberapa komponen pada mesin diesel yang harus sering dilakukan perawatan dan penggantian secara berkala terutama pada saringan bahan bakar. Komponen yang satu ini nih (saringan solar)  yang biasanya banyak orang terlupakan dalam hal perawatan dan penggantian berkalanya. padahal itu yang banyak menjadi sumber masalah pada mesin diesel yang mogok. makanya sebetulnya penggantian filter bahan bakar pada mesin diesel sangat penting sekali dilakukan secara berkala mengacu ke buku pedoman pemilik atau user manual. 

Hal selanjutnya yang terjadi ketika mesin diesel mogok adalah masuk angin, apa sih masuk angin ini, masuk angin ini adalah kondisi dimana terjadi kebocoran pada saluran bahan bakar, dimana saat pompa menyedot bahan bakar di tangki udara tersedot bersama bahan bakar dan akan masuk di saluran bahan bakar. Lalu bagaimana jika mobil terlanjur mogok, jika itu terjadi pada anda sekarang , ada tips ringan pengalaman saya untuk anda jika mobil anda mogok. tanpa berlama-lama, berikut ini tips yang bisa anda praktekan pada mobil anda yang mogok.

Tips Memperbaiki Mobil Mogok  Bermesin Diesel

Cara Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel
  • Jika indikator saringan bahan bakar anda menyala, buang air di saringan bahan bakar anda dengan cara memutar pembuangan di bawah saringan bahan bakar anda, setelah terbuang, tutup kembali.
  • Buka baud pembuangn atau baud selang/pipa saluran bahan bakar (tergantung jenis mobilnya) yang terdapat di injektor kemudian tekan berulang pompa saluran bahan bakar ( pompa diputar dulu untuk jenis truk) sampai keluar di baud pembuangan dan buih hilang. kemudian kencangkan kembali baud pembuangan.
  • Dengan memutar kontak pada posisi on, periksa arus stru kabel choke dengan menggesekan sedikit pada body. atau periksa gerak tuas choke pada jenis mobil dengan choke manual.
  • Setelah semua komponen dipastikan dalam kondisi baik, start mesin mobil anda.
Semoga dengan tutorial diatas mesin mobil anda kenbali hidup dan anda bisa melakukan perjalanan kembali. namun jika masih mengalami kendala mogok, sebaiknya anda cari bengkel terdekat atau hubungi mekanik langganan anda.

Sekian Cara Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel dari saya mohon maaf bila banyak kekurangan, dan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Cara Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia