Tips Ringan Mencari Penyebab Dan Memperbaiki Kendaraan Mogok

Cara Memperbaiki Busi Motor / Mobil Mati

MOBIL MOGOK - Busi mati merupakan salah satu kasus paling banyak terjadi yang mengakibatkan Sepeda Motor anda atau Mobil anda mogok di perjalanan. tanda busi mati pada sepeda motor adalah ya mesin gak mau hidup itu pastinya dan yang kedua adalah mesin brebet. jika pada mobil, karena mobil memiliki lebih dari satu silinder, jika mati semua, tentunya juga mesin bakalan mati total. Tapi kasus busi mati semua sekaligus pada mobil itu jarang terjadi. hal yang sering adalah mati sebagian yang menyebebkan mesin pincang dan kehilangan tenaga pastinya.

Bagi anda yang mengalami hari yang apes gara-gara busi kendaraan anda mati, jangan bingung dulu, senyum aja gan, saya punya solusi yang jitu dan dijamin 100 % Work itu busi hidup kembali. modal anda hanya kunci busi dan tang atau obeng. cara ini sering saya lakukan dan belum pernah gagal baik pada mobil ataupun sepeda motor.

Beberapa Cara Memperbaiki Busi Mati / Rusak

Nah Pada kesempatan ini saya mau bagi ilmunya nih tentang bagai mana caranya mengakali busi mati yang menyebabkan kendaraan anda mogok. buat anda yang sedang mengalami dan atau mungkin anda pernah mengalaminya di tengah-tengah perjalanan anda, dan yang belum pernah semoga ini menjadi bekal ilmu yang bisa anda lakukan saat mengalami kejadian busi kendaraan anda mati. sebetulnya untuk cara memperbaiki busi Mobil atau Sepeda Motor tidaklah sulit. mudah saja jika anda tahu caranya. dan seperti yang saya katakan diawal, saya kasih nih caranya agar busi mati hidup kembali, dijamin 100% Work. langsung saja kita ke pembahasan.
1. Cara Pertama Dengan Membersihkan Busi
Cara yang ini standar aja dan prosedur pembersihan busi yang dilakukan oleh banyak orang dan mekanik di bengkel-bengkel. ini bisa berhasil jika busi hanya kotor.
  • Pertama buka kabel busi kendaraan anda ( untuk mobil, ingat urutan posisi kabel businya jangan tertukar saat memasangnya kembali ).
  • Kemudian buka busi mobil atau motor anda menggunakan kunci busi, lalu bersihkan busi menggunakan amplas dengan cara menggosoknya.
  •  setelah bersih pasang kembali, kencangkan dan pasang kembali kabel busi.
Cara ini bisa berhasil jika busi hanya sekedar kotor saja, tapi kebanyakan gagal jika busi memang benar-benar mati.
2. Cara Kedua Pecahkan Keramik Pemantik Busi 100% Work
Cara ini yang saya paling rekomendasikan. sesuai seperti yang saya katakan diawal, ini cara memperbaiki busi mati agar hidup kembali dijamin 100% Work. simak caranya gan.
CARA MEMPERBAIKI BUSI MOTOR / MOBIL MATI
Pecahkan Bagian Keramik
  • Langkah Pertama buka kabel busi kendaraan anda ( sama seperti cara pertama diatas tadi ).
  • Kemudian buka busi mobil atau motor anda menggunakan kunci busi.
  • Kemudian Pecahkan Bagian Keramik pada pas Bagian Pemantik dengan menggunakan tang atau obeng yang dipukul ( pakai tang caranya lihat gambar). ------------------------------------------------>>
  • Bersihkan bagian keramik yang pecah, takut ada sisa nanti bisa masuk ke ruang bakar.
  • setelah bersih pasang kembali, kencangkan dan pasang kembali kabel busi.
  • Dijamin tuh busi idup lagi 100% Work. buat yang punya kuota, nih video caranya.
Ada bagian yang terbuat dari keramik " anda pecahkan bagian keramik itu bisa dengan cara mencapitnya menggunakan tang, atau pukul pakai obeng, caranya terserah anda yang penting bagian keramik itu pecah. "


Cara diatas bukanlah satu-satunya cara untuk memperbaiki busi mobil dan sepeda motor yang mati. masih ada satu cara lagi, apakah itu berikut ini.
3. Cara Ke 3 Dengan Membakar Bagian Elektroda.
Cara yang ini saya praktekan dan berhasil juga, namun kadang kekuatannya sebentar aja gak lama mati lagi tuh busi. tapi jika mau pake cara ini silahkan dicoba. 
  • Rapatkan celah kerenggangan elektroda busi. anda pasti sudah paham ini.
Cara Memperbaiki Busi Motor / Mobil Mati
  • Bakar bagian elektroda busi bisa menggunakan kompor gas atau api dari las. bagian yang dibakar atau dipanasin adalah sama seperti gambar diatas. tujuannya biar kering.
4. Cara Ke 4 Dengan Serabut Kabel
Yang ini pernah saya praktekan dan berhasil juga, namun ada kesulitan saat membuka bagian bawah businya. beling bisa pecah dan kadang keras. jika mau coba, ini canya. oh iya, serabut kabel adalah isi serabut kabel yang udah dipotong-potong pendek aja.
  • Caranya buka bagian bawah busi seperti di gambar menggunakan tang 
  • Masukan serabut kabel ke dalamnya 
  • Pasang kembali bagian yang dicabut. lihat gambar.
Cara Memperbaiki Busi Motor / Mobil Mati
5. Cara Ke 5 Memperbaiki Busi Tanpa Kunci Busi atau Buka Busi 
Yang terakhir ini jika anda gak bawa kunci busi, memang cara-cara diatas harus membuka busi dan anda harus membuka businya terlebih dahulu. namun jika anda tak bawa kunci busi bisa coba cara ini dan semoga berhasil. caranya coba anda renggangkan padud busi atau cop busi tujuannya agar arus dari kabel busi atau cop busi meloncat ke busi. cara ini bisa berhasil menghidupkan busi yang mati meski tetap brebet, namun biasanya mesin bisa hidup lagi. setelah hidup baru padud atau cop busi dipasangkan dengan benar.

Namun dari beberapa cara diatas, cara yang paling ampuh adalah dengan cara memecahkan keramik elektroda busi. yaitu Cara Kedua Pecahkan Keramik Pemantik Busi 100% Work.

dijamin busi akan normal lagi untuk jarak lumayan jauh, bahkan beberapa hari. jangan lupa untuk segera menggantinya. Awas harus sesuai dengan spesifikasinya, pelajari spesifikasi dan Kode Busi, kembali ke topik, jika busi yang sudah kita perbaiki mati lagi, itu dah mati total alias matot.......

Sekian Cara Memperbaiki Busi Motor / Mobil Mati selamat mencoba dan semoga bermanfaat.....

Cara Memperbaiki Busi Motor / Mobil Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia