10 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin

MOBIL MOGOK - Mesin standar tentunya sudah di desain sedemikian rupa oleh pabrikan dengan pertimbangan peruntukan kendaraan dan keawetannya. Namun, Terkadang sebagian pemilik merasa bahwa performa standar mesin bawaan mobil mereka kurang mantaf. alasanya tentu saja beragam, bisa jadi untuk menyesuakan dengan medan jalan yang ada di wilayah pemilik kendaraan tersebut. tak bisa dipungkiri terkadang setingan dari pabrik dirasa kurang mantep untuk meladeni medan jalan di beberapa daerah seperti pegunungan. dan ada juga yang sekedar untuk kepuasan berkendara. 

Nah bagaimana Beberapa cara untuk meningkatkan tenaga mesin baik yang biasa-biasa aja maupun yang ekstrim. berikut ini selengkapnya. sebetulnya ini posting lama, namun tidak ada salahnya saya update kembali kan, lanjut ke pembahasan :

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil Dan Motor

 10 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin

Cara-cara berikut ini yang bisa dilakukan, namun cara berikut juga mungkin beberapa diantaranya bisa diaplikasikan pada Sepeda Motor.
1. Mengganti Chip ECU
Pemilik dapat mengganti chip ROM dalam engine control unit (ECU) untuk meningkatkan tenaga.hal ini akan efektif jika disertai dengan modifikasi lainnya seperti dalam masukan udara (air intake) dan sistem pembuangan.
2. Seting Karburator
Pada mesin yang menggunakan karburator, seting karburator juga merupakan yang paling banyak ditempuh untuk meningkatkan tenaga mesin mobil atau motor. 
3. Modifikasi Sistem Pembuangan/Knalpot
Mengganti sistem pembuangan dengan jenis free flow dengan pipa besar sehingga mengurangi hambatan sitem pembuangan sisa pembakaran bisa meningkatkan horsepower mesin. pada sepeda motor, selain ganti knalpot racing juga bisa dilakukan bobok knalpot.
4. Memasang Turbocharger atau Super charger
Turbocharger dan Supercharger pada prinsipnya sama, hanya bedanya pada penggeraknya. dan brikut ini selengkapnya. 

- Turbocharger
Memanfaatkan sisa gas buang hasil pembakaran di mesin untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger . Hanya, peranti ini memiliki kekurangan yaitu turbo-lag atau keterlambatan reaksi karena terdapat jeda waktu ketika pedal gas di tekan hingga tercapai tekanan gas buang yang besar untuk memutar turbin, tapi akan maksimal pada putaran tinggi karena putaran turbin turbo bisa melebihi rpm mesin karena perangkat ini tidak terhubung dengan putaran mesin. 

Biasanya, turbocharger payah saat di putaran mesin rendah, tapi maksimal pada putaran tinggi. pabrikan saat ini menggunakan dua unit turbo kecil dan multi katup, sehingga meski di tekanan udara rendah sudah bereaksi,” 

- Supercharger 
Mekanisme kerja supercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, supercharger tidak digerakan oleh gas buang tapi oleh putaran mesin, jadi kesenjangan atau jeda waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udara ke silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. karena putaran supercharger sama dengan putaran mesin. 

Lantaran itulah, supercharger mampu mendongkrak tenaga mesin baik di kala putaran mesin rendah maupun tinggi. tapi tidak akan melebihi putaran mesin seperti turbocharger. 
5. Memasang Inter cooler
Komponen ini biasanya terpasang pada mesin yang menggunakan Turbocharger, Fungsinya untuk mendinginkan udara yang masuk ke ruang bakar dengan perangkat intercooler. kepadatan tekanan udara akan mengakibatkan panas yang berakibat udara memuai dan kerapatan molekul udara berkurang. dengan memasang intercooler udara yang masuk didinginkan lebih dulu. 
6. Mengurangi Berat Mobil
Beban yang terlalu berat akan memperlambat laju kendaraan. Namun, tidak berarti Anda harus melepas komponen atau bagian mobil. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengganti sebagian komponen dengan bahan yang lebih ringan. atau jangan membawa barang yang tidak diperlukan
7. Saringan Udara (Air Filter)
Saringan udara membantu menghilangkan partikel padat seperti debu, dll sebelum memasuki silinder. Ukuran saringan udara yang lebih besar memungkinkan lebih banyak udara masuk ke mesin. juga banyak filter udara racing yang bisa membuat mesin lebih enteng.
8. Busi, Coil dan Bahan Bakar
Busi iridium akan membuat mobil berjalan lebih cepat karena menghasilkan pembakaran bahan bakar secara lebih sempurna. Koil juga merupakan komponen yang sering di Upgrade untuk menghasilkan sistem pengapian yang mumpuni. Pilih pula bahan bakar dengan oktan tinggi serta bebas timbal.
9. Pelumas
Jangan lupa juga dengan yang satu ini, semua langkah di atas tidak akan sempurna jika sistem pelumasan kendaraan anda tidak dilumasi oleh pelumas yang bagus.

10. Upgrade Kapasitas Mesin
Kalo yang ini yang paling ekstrim tentunya, yaitu oprek total mesin untuk menaikan kapasitas. mulai dari piston, katup, cam dll. ini dilakukan pada mobil-mobil balap. atau anda yang suka balap, hehehe.

Nah itu  10 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

10 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia