Cara Sederhana Meningkatkan Kompresi Mesin Motor

MOBIL MOGOK - Cara Sederhana Meningkatkan Kompresi Mesin Motor - Banyak dan berbagai cara meningkatkan kompresi mesin, dari mulai yang sederhana sampai yang extrim. pada tahapan untuk mesin balap atau korek harian yang dilakukan modifikasi lanjutan, dalam hal segi meningkatkan Kompresi atau kepadatan kompresi atau kerennya comperation ratio = CR ada beberapa hal yang harus diperhatikan. seperti hal dalam pemilihan bahan bakar yang digunakan. Ratio kompresi juga mempengaruhi bahan bakar yang harus digunakan agar mesin bekerja maksimal dan optimal. Bahan bakar yang digunakan sesuai kompresi adalah sesuai angka oktan atau RON nya. selengkapnya untuk Penggunaan bahan bakar Sesuai Kompresi sudah saya tulis di blog ini.

Kembali lagi bahasan, yang dibahas disini bukan untuk modifikasi balap yang ekstrim. Sesuai Judul (Cara Sederhana Meningkatkan Kompresi Motor). lihat cetak tebal "Cara Sederhana" ini memang cara sederhana yang tentunya akan berefek namun tidak begitu signifikan sebagaimana anda melakukan boreup dan strokeup atau papas cylinder head. cara berikut ini tentunya tidak bisa mengahasilkan efek seperti cara-cara yang dilakukan untuk membuat mesin balap dengan metode korek bore up dan stroke up. meski begitu ini akan menghasilkan efek dibanding mesin standar bawaan motor standar. penasaran dan berikut beberapa cara yang menurut saya sederhana :

Cara Sederhana Meningkatkan Kompresi Mesin Sepeda Motor


Dan berikut ini cara sederhana yang bisa anda tempuh untuk menaikan atau meningkatkan angka kompresi mesin sepeda motor anda. tentunya cara dibawah ini bisa anda gunakan salah satunya atau kombinasikan beberapa. namun awas hati-hati harus dilakukan dengan cermat, jangan sampai komponen bertabrakan terutama piston. makanya dalam melakukan cara ini harus dilihat ulang apakah piston dan cylinder head atau klep jika pada 4tak terlalu dekat atau malah nempel atau tidak. yuk mari kita kebawah langsung aja berikut ini caranya.

Cara Sederthana Meningkatkan Kompresi Motor :


  • Membuang ring pada kepala busi
Membuang ring pada kepala busi akan meningkatkan tekanan di ruang bakar, walau hanya sedikit. logikanya busi akan lebih masuk ke dalam. tapi bisa mengakibatkan kebocoran karena ring penahan kebocoran di buang. masih ada solusinya, bawa busi ke tukang bubut papas sedikit dudukan ring busi.

  • Ganti paking/gasket cylinder head dengan yang lebih tipis
Ganti paking/gasket cylinder head dengan yang lebih tipis. ini akan menaikan kompresi. untuk perubahan yang ekstrim, dilakukan pembubutan pada silinder head.

Cara Sederhana Meningkatkan Kompresi Mesin Motor

  • Ganti paking/gasket silinder blok/boring dengan yang lebih tipis.
Ganti paking/gasket silinder blok/boring dengan yang lebih tipis. langkah ini sama dengan poin no.2 hanya bedanya paking/gasket dibawah boring yang diganti. ini juga bisa meningkatkan kompresi. 

itu beberapa cara aman menaikan kompresi tanpa merusak motor anda. " dalam melakukan langkah-langkah tersebut, perhatikan gerak piston jangan sampai membentur silinder head. harus cermat karena resikonya piston nabrak dan bisa berabe.

Sekian tentang Cara Cederhana Meningkatkan Kompresi Mesin Motor semoga bermanfaat dan terimaksih atas kunjungan anda.

Cara Sederhana Meningkatkan Kompresi Mesin Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia