Cara Spooring Mobil Sederhana

advertisement
MOBIL MOGOK - Spooring atau istilahnya Wheel alignment adalah proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil, mengembalikan sudut geometri roda yang bertujuan untuk menyelaraskan gerak dan posisi dari roda kiri dan kanan agar seimbang. untuk spooring memang diperlukan alat khusus agar hasilnya akurat. namun bukan berarti tidak bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. asal dilakukan dengan benar maka hasilnya tidak jauh beda dengan hasil dari bengkel spooring dan balancing yang menggunakan alat canggih.

Tanda yang paling terlihat ketika mobil anda perlu di spooring adalah pada tapak ban, tapak ban yang habis sebelah baik itu bagian luar atau bagian dalamnya. kalo ke kemudi biasanya suka terasa bawa sebelah. berat ke kiri atau ke kanan ketika dibawa jalan. dan juga terasa limbung. nah ketika tanda-tanda tersebut terasa dan nampak pada mobil anda lakukan spooring.

Berikut ini adalah cara spooring kendaraan roda 4 (mobil) yang sederhana dan biasa di lakukan di bengkel-bengkel. cara ini sederhana dan terbukti cukup manjur.

Cara Spooring Memakai Benang dan Meteran


Langsung ke pembahasan :

Ada 2 cara yang biasa dilakukan, tinggal pilih yang menurut anda paling mudah.

1. Memakai benang.


Ambil benang kasur, ikatkan pada per roda belakang (per atau apa saja di bagian belakang dalam roda belakang) tarik ke depan lingkarkan memutar sampai pada bagian roda belakang satunya lagi dan ikatkan seperti tadi. lihat sisi-sisi roda depan (sisi belakang) apakah menyentuh atau mendorong benang. atur panjang setelan tie rod untuk mendapatkan panjang yang pas. sehingga sisi ban depan ( sisi bagian belakang) menempel pas ( tidak renggang dan tidak mendorong ). lebih lengkapnya tentang Spooring Pakai Benang.

2. Memakai Meteran

Ukur roda depan ( sisi depan dan sisi belakang ) dengan meteran dapatkan angka yang sama di kedua sisi. untuk mengatur panjang pendeknya, dari setelan tie rod. namun perhatikan kondisi Ball joint & Tie rod harus baik. jika ditemukan goyang segera Perbaki dengan Cara Memperbaiki Ball joint & Tie rod.

Cek hasil spooring anda dengan menjalankan mobil (test drive) di jalanan. Apabila stir masih belum stabil, bisa oleng kekanan dan kekiri atau ban berbunyi misal berdecit karena gesekan dengan aspal atau tidak, apabila hal ini masih terjadi maka berarti proses pengamatan anda pada saat spooring belum optimal. satu lagi, jika ban masih habis sebelah maka masih belum sempurna.

Spooring dan Balancing adalah hal yang perlu anda lakukan agar kemudi kendaraan bekerja normal dan selaras. dan sekian tentang Cara Spooring Mobil Sederhana semoga bermanfaat.
Advertisement

0 Response to "Cara Spooring Mobil Sederhana"

Poskan Komentar

Tuliskan Komentar Anda, Mohon Tidak Menyertakan Link Aktif