Tips Ringan Mencari Penyebab Dan Memperbaiki Kendaraan Mogok

Ciri-ciri Paking Silinder Head (Cylinder Head Gasket) Rusak

MOBIL MOGOK - Seperti pada posting selanjutnya sudah saya jelaskan bahwa gejala Overheat salah satunya bisa diakibatkan oleh paking silinder head ( Cylinder Head Gasket ) yang rusak atau angus terbakar. jika cylinderhead gasket terbakar atau rusak, kenapa mesin bisa panas atau overheat. jawabanya karena kompresi di ruang bakar atau tekanan dari hasil pembakaran bisa melintas masuk ke saluran pendingin. dan jika begini maka akan ada tekanan udara yang akan membuat cairan pendingin terdorong dan bisa membuat radiator atau selang radiator jebol.

Bukan hanya itu, seperti kita ketahui jika udara yang terkompresi juga akan membuat suhu udara tersebut panas, apalagi jika hasil dari pembakaran, itu sudah pasti panas. nah, ada cara untuk melihat gejala yang mengindikasi paking silinder head rusak pada mesin mobil/motor/mesin berpendingin air lainnya. gejala yang dialami biasanya temperatur sauhu mesin naik diatas normal.bisa juga air pendingin sering berkurang ( keluar terbuang ke tangki cadangan dan meluap) kadang juga mengakibatkan saluran cairan pendingin dan radiator jebol. ini diakibatkan oleh masuknya udara ke saluran pendingin. kalau sudah parah, bisa juga ditemukan kasus oli bercampur air yang akan membuat oli berwarna putih kaya susu.

Kita bisa memeriksa kemungkinan dari apa penyebab tersebut. apakah paking silinder head rurask atau bukan. untuk memeriksa kerusakan pada paking head mobil atau sepeda motor yang berpendingin air ini baca selengkapnya dibawah ini.

Cara Memeriksa Kerusakan Gasket Cylinder Head

Ada tanda yang terlihat yang mengindikasikan kerusakan pada Cylinderhead atau pada Gasketnya. secara umum ini bisa terlihat di air radiator pada saat mesin di hidupkan.

Ciri-ciri Paking Silinder Head (Cylinder Head Gasket) Rusak
  • Buka tutup radiator (lakukan saat keadaan mesin dingin) awas jangan buka saat mesin panas, bisa berbahaya. jika air kurang, tambahkan cairan radiator hingga penuh.
  • Langkah selanjutnya kemudian start mesin dan anda perhatikan permukaan air pada radiator. lalu amati dan kondisinya sebagai berikut :
  1. Jika saat mesin hidup bersamaan dengan itu air muncrat keluar, itu salah satu gejala tidak normal. ini berarti ada tekanan kompresi yang masuk ke saluran pendingin dan meniup cairan di saluran pendingin.
  2. Jika saat mesin hidup dan anda tekan/tarik gas keluar gelembung udara dari air radiator, itu juga gejala tidak normal. 
  3. Jika radiator di tutup dan mesin dibiarkan hidup untuk beberapa saat kemudian anda buka kembali tutup radiator dan ada tekanan udara keluar, itu juga gejala tidak normal. bisa dipastikan penyebabnya paking cylinder head rusak.
Yang menyebabkan hal diatas adalah kompresi udara di ruang bakar masuk melintas ke saluran -saluran cairan pendingin di antara blok mesin dan silinder head dikarenakan gasket rusak. kerusakan pada Cylinder Head Gasket juga bisa mengakibatkan cairan pendingin bercampur dengan oli pelumas mesin yang akan membuat oli berwarna putih susu dan juga sebaliknya bisa membuat cairan oli bercampur naik ke cairan pendingin radiator.

servis kendaraan anda sebelum kerusakan tambah parah, ini bisa juga membuat mesin kendaraan anda macet akibat pemuaian.

Ciri-ciri Paking Silinder Head (Cylinder Head Gasket) Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia