Gejala Yang Timbul Akibat Kopling Mobil, Motor Rusak

MOBIL MOGOK - Kopling adalah alat atau komponen pada mesin untuk menghubungkan tenaga atau putaran pada mesin ke Transmisi atau persneling. kopling juga berfungsi untuk memutus putaran mesin dengan transmisi pada saat perpindahan gigi. dikutif dari Wikipedia, "Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis". jenis kopling bukan cuma satu aja, banyak jenisnya. seperti kita ketahui kopling pada mobil dan motor itu berbeda. jika pada mobil kopling kering jika pada sepeda motor kopling basah, itu simple nya. kita ketahui juga kendaraan itu ada yang manual dan juga ada yang Matic.

Gejala Kopling Mobil dan Motor Rusak

Pada kendaraan yang menganut sistem transmisi manual, ada beberapa gejala yang timbul yang diakibatkan oleh kerusakan kopling. nah apa saja gejala tersebut, berikut adalah gejala-gejala yang timbul akibat kopling rusak yang terjadi pada transmisi manual. 

Gejala Yang Timbul Akibat Kopling Mobil, Motor Rusak
Gejala Yang Timbul Akibat Kopling Rusak :
  • Gigi transmisi susah masuk (mobil)
  • Gigi transmisi nyangkol (mobil)
  • Selip / Kurang Tenaga (mobil & motor)
  • Loncat saat di oper gigi (motor)
  • Suara Gemuruh ketika injak kopling (mobil)
  • Suara menjerit ketika injak kopling (mobil)\
  • Sulit Over gigi saat panas, normal saat dingin (mobil)
Jika mobil atau motor anda mengalami masalah seperti diatas, sebaiknya segera perbaiki karena jika dibiarkan akan merembet pada komponen lainnya pada sistem pemindah gigi tersebut. resiko jika dibiarkan adalah gigi rontok dan dekrup atau matahari kopling ( Clutch Cover ) rusak parah jika pada mobil.

Lanjut ke pokok bahasan, sebetulnya apa yang menyebabkan tanda-tanda atau gejala diatas, tentu saja itu akibat kerusakan pada komponen kopling, namun lebih jelasnya seprti apa, nah ini yang mau saya jelasin sedikit. mari kita bahas satu-satu.

1. Gigi transmisi susah masuk (mobil)
Penyebab dari gejala susah over gigi atau gigi transmisi susah masuk pada transmisi manual pada mobil adalah bisa jadi akibat dari per kopling jebol sehingga tersangkut di antara kopling dan cover kopling. untuk melihatnya harus lepas transmisi. kadang juga ini ditandai bunyi gemerincing pada area kopling saat mesin hidup. atau juga bisa akibat setelan pedal kopling kurang pas.
2. Gigi transmisi nyangkol (mobil)

Kasusnya sama seperti point pertama, Penyebab dari gejala nyangkol over gigi pada transmisi manual pada mobil adalah bisa jadi akibat dari per kopling jebol atau setelannya kurang pas.
3. Selip / Kurang Tenaga (mobil & motor)
Kalo gejala selip, ditandai dengan mobil atau motor kurang tenaga tapi mesin seperti meraung enteng. kondisi seperti ini bisa akibat dari kampas kopling sudah tipis, atau juga bisa jadi akibat dari setelan pedal kopling pada mobil atau tuas pada motor terlalu menekan atau rapat. makanya sebelum memutuskan kopling tipis, coba periksa dulu setelan pedal atau tuas kopling.

4. Loncat saat di oper gigi (motor)
Kalo yang ini mah kebanyakan terjadi pada motor, akibatnya bukan karena koplingnya, tapi banyakan dari tuas koplingnya. setel kembali. 
5. Suara Gemuruh ketika injak kopling (mobil)
Suara gemuruh pada saat kopling di injak biasa terjadi pada mobil. yang mengakibatkan ini adalah laher atau bearing, kalo gak salah namanya clutch release bearing. atau orang indonesia biasa sebut drek laher, setidaknya itu sebutan di daerah saya. kondisi laher yang kering atau rusak akan membuat suara gemuruh. ini tanda yang mengisyaratkan laher sudah harus ganti.
6. Suara menjerit ketika injak kopling (mobil)

Kasus yang ini sama seperti yang mengakibatkan suara gemuruh pada point 5.  yang mengakibatkan ini adalah laher atau bearing, kalo gak salah namanya clutch release bearing. namun bedanya kalo yang ini tu laher atau bearing udah macet kondisinya. jika dibiarkan maka akan membuat dekrup (clutch cover) rusak. yang akan kena adalah lidah mataharinya. jika mendapati kondisi ini saya sarankan jangan paksa untuk bawa jalan mobil anda.
7. Sulit Over gigi saat panas, normal saat dingin (mobil)

Yang terakhir ini penyakitnya kondisional. saat panas sulit over gigi atau nyangkol dan jika dingin normal-normal aja. apa yang mengakibatkan ini, ini adalah tanda kerusakan dekrup atau kalo gak salah nama kerennya clutch cover, itu tuh yang ada lidah2 nya. jika panas, si lidah matahari ini menjadi lentur yang mengakibatkan kopling kurang berfungsi baik. dan jika dingin tu lidah matahari keras dan angkat berfungsi normal untuk melepas cengkraman pada kampas kopling.

Itu tadi gejala yang biasa timbul dan penyebabnya yang sering terjadi akibat kerusakan komponen kopling. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Gejala Yang Timbul Akibat Kopling Mobil, Motor Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia