Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot

MOBIL MOGOK - Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot - Kondisi sebuah mesin bisa dilihat dari asap pembuangan yang keluar dari knalpot (asap knalpot ). Warna asap knalpot mencerminkan kualitas pembakaran yang terjadi di dalam proses pembakaran di dalam ruang bakar dapur pacu mesin baik itu mesin mobil ataupun mesin sepeda motor. Untuk mengetahui kondisi mesin khususnya dapur pacu, tidak perlu membuka kap mesin. Repot mencopot busi, terus teliti satu persatu komponen pengapaian dan komponen lainnya. Tapi cukup dengan mencermati ujung dan asap knalpot.

Sebagai contoh untuk asap knalpot warna putih misalnya, ini mencerminkan jika ada yang tidak beres di ruang bakar atau dapur pacu mesin. asap putih dihasilkan oleh oli yang terbakar di dalam ruang bakar. biang masalah asap putih ini bisa akibat ring piston atau ring seher sudah aus sehingga tidak membilas oli dengan sempurna atau seal klep bocor yang menyebabkan oli masuk lewat batang klep atau katup. atau juga bisa akibat paking silinder rembes dan oli rembes ke ruang bakar. bukan hanya warna asap putih knalpot. warna hitam pun ini menandakan ada yang harus di perbaiki dan di setel ulang. selengkapnya tentang Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot berikut ini.

Melihat Kondisi Mesin Lewat Warna Asap Knalpot Mobil dan Motor

berikut ini selengkapnya tentang warna asap knalpot dan apa yang menyebabkanya serta bagaimana dan apa yang harus diperbaiki untuk membuat asap knalpot menjadi normal yang menandakan pembakaran sempurna.

Kondisi Warna Asap Knalpot dan Penjelasannya :


  • Kerak dan asap Hitam
Ujung knalpot ada kerak hitam, ini menandakan terlalu banyak bensin yang terbuang tidak terbakar, Penyebabnya, biasanya setelan karburator terlalu boros, konsumsi bensin sangat boros dan tenaga kurang. Bisa disetel kembali karburator.

Melihat Kondisi Mesin Lewat Warna Asap Knalpot Mobil dan Motor

  • Kerak Abu-Abu
Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.

  • Percikan Air 
Kejadian ini normal saat kondisi mesin dingin. ini namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam saluran knalpot, percikan air akan hilang.

  • Serpihan Kotoran
Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yang terbakar. Ini menunjukkan kondisi saringan knalpot yang keropos akibat karat.

  • Lelehan Oli
Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengan sisa gas buang.

  • Asap putih
Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yang aus atau longgar. Atau berasal dari akibat sil katup pecah. Kondisi ini biasanya akan membuat umur busi menjadi pendek.


Sekian tentang Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot dan semoga bermanfaat untuk anda.

Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia