Cara Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem

MOBIL MOGOK - Rem sangat penting dalam kendaraan, rem yang blong tentunya akan mengancam keselamatan jiwa pengendara motor, jangankan blong, rem kurang pakem saja sudah berbahaya. semakin besar tenaga mesin dan semakin kencang motor anda, anda memerlukan rem yang pakem dan mumpuni. kendala rem kurang pakem bisa terjadi pada sepeda motor yang mulai dimakan usia dan juga ketika anda lakukan modifikasi, misalkan memodifikasi step pakai underbone.

Pada banyak kasus biasa terjadi rem motor kurang pakem meski anda sudah ganti kanpas rem. ini banyak terjadi pada rem tromol bagian belakang. Cara memperbaikinya gampang-gampang susah Rem kurang pakem jika dibiarkan akan berbahaya bagi keselamatan berkendara. Nah jika anda alami masalah seperti ini, saya punya tips yang bisa anda coba untuk memperbaikinya.

Beberapa Cara Memperbaiki Rem Tromol Motor Kurang Pakem

Tipsnya mudah dan ini sudah pernah dicoba. dan berhasil. Kenapa saya tulis tips ini, karena dari pengalaman terkadang rem tak mau pakem meski kita dah ganti kanfas rem. dan berikut ini beberapa tipsnya. Oke langsung saja ke beberapa tips memperbaiki rem jenis tromol pada sepeda motor yang kurang pakem.
Cara Pertama
  • Ganti pirodo atau kanpas rem dengan yang baru dan usahakan ganti menggunakan yang berkualitas bagus atau original.
Cara Kedua
  • Jika kanpas rem masih tebal dan anda tak mau menggantinya, amplas bagian yang kerasnya. biasanya bagian luar yang bersentuhan dengan tromol mengeras dan akan licin. amplas menggunakan amplas kasar sampai menyerupai bidang kanpas baru.
  • Bersihkan tromol dari kotoran dan oli serta grease atau stempet yang bisanya muncrat dari laher atau oil sil jika pada matic.
  • Anda juga bisa coba amplas tromol agar bidang tidak terlalu licin.
Cara Ketiga
  • Anda bisa modifikasi tuas rem pada tromol dengan memanjangkanya atau mengganti dengan persamaan dari motor lain yang lebih panjang.
Cara Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem
  • Jika anda menggunbakan step underbone, maka bagian depan harus lebih panjang dari bagian belakang. jika kurang pakem bisa memanjangkan bagian depan atau memendekan bagian belakang. anda tentu masih ingat dengan sistem pengungkit. lihat gambar dibawah, jika bidang T-A lebih panjang dari T-B, maka semakin panjang tuas T-A maka akan semakin ringan beban  ( W ) diangkat. maka untuk memperingan bisa ditempuh dengan memangjangkan tuas dari T-A atau memendekan T-B. apa kaitanya dengan rem kurang pakem, jika rem kurang pakem pada step underbone atau modifikasi, kemungkinan kurangnya tenaga untuk menarik tuas rem belakang.
Cara Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem
Cara Keempat
  • Yang terakhir, ini mungkin agak aneh namun ternyata saya coba dan berhasil.
Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem

dulu saya ada teman yang menyarankan untuk mengoleskan sabun colek ( yang berwarna biru) pada kanfas rem dan tromolnya. sedikit saja jangan terlalu tebal. saya mencobanya dan ternyata hasilnya rem motor saya menjadi pakem. buat anda yang bosan gonta ganti kanfas rem dan hasilnya gak juga pakem coba cara ini dan bagaimana hasilnya. tuliskan bagaimana hasilnya di komentar supaya para bikers yang lain tahu apakah efeknya sama seperti yang saya alami atau tidak, trima kasih.

Sekian tentang Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem, singkat namun semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Cara Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia