Penyebab Rem Cakram & Tromol Mobil Macet

Written by on ,
MOBIL MOGOK - Rem merupakan komponen yang sangat penting dalam mobil atau kendaraan apapun karena rem adalah alat untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Pada mobil, umumnya menggunakan rem jenis Cakram (Disc Brake) dan Tromol (Drum Brake). dan untuk sistem yang menggerakanya adalah sistem Hidrolik. kerusakan yang terjadi padsa sistem rem adalah rem blong, kurang pakem, ngebanting dan juga rem macet. Nah pada kesempatan ini saya mau berbagi tentang apa sih biasanya yang bisa menyebabkan rem mobil baik cakran dan tromol bisa macet yang berujung pada panasnya rem.

Banyak hal yang bisa menyebabkan rem kendaraan anda macet, ini biasanya terjadi karena kurangnya perawatan rutin yang dilakukan pemilik kendaraan atau bahkan kesalahan pemasangan komponen dari sistem pengereman itu sendiri. ini adalah beberapa kasus yang sering saya temukan dalam keseharian saya bekerja. rem macet biasanya disebabkan hal-hal di bawah ini:

Penyebab Rem Cakran & Tromol Mobil Macet

Penyebab Rem Cakram & Tromol Mobil Macet
1. Master Rem (wheel cylinder) macet
Master Rem bawah atau cylinder hidrolik/wheel cylinder pada rakitan komponen rem di roda kendaraan anda macet. ini biasanya terjadi karena rem lama tidak dibuka dan dibersihkan atau bisa juga diakibatkan sering terendam air (terjadi jika sering kebanjiran/ke daerah banjir). memang ini jarang terjadi macet jika karet penutup atau penahan debunya tidak bocor atau sobek. namun untuk menjaga agar tidak terjadi macet, sebaiknya periksa master rem bawah yang diroda setiap mengganti kampas rem. 

Sebetulnya kerusakan padfa komponen ini mudagh terlihat ketika roda di angkat (Didongkrak) roda seret jika diputar. ini bisa jadi pertanda master rem bawah macet.
2. Saluran Minyak Rem / Selang rem mampet.
Kondisi ini biasanya terjadi pada selang fleksibel rem. anda tahu selangnya kan, itu selang rem yang terbuat dari karet. biasanya untuk menghubungkan saluran hidrolik rem ke roda. tanda jika selang ini mampet, adalah roda macet atau seret, namun ketika di cek master remnya gak macet. anda harus curiga pada selang rem takutnya mampet. jika menemukan masalah seperti ini, coba ketika rem seret saat diputar, buka niple pembuangan minyak rem yang di roda. jika setelah dibuka niple rem jadi longgar, ini bisa jadi selang macet atau tersumbat. coba buka selang dan tiup untuk memastikan.
3. Jarak Bebas Pedal Rem Rapat
Kalo masalah yang ini terjadi biasanya karena salah penyetelan jarak bebas atau biasanya terjadi karena posisi swith lampu rem terlalu masuk menekan tuas pedal rem. jarak bebas rapat akan mengakibatkan cairan hidrolik tertahan menekan sistem pengereman karena langkah pengembalian cairan tertutup akibat jarak bebas rapat. pedal rem harus ada jarak bebasnya karena kalo tidak ada, berarti pedal menekan pada master rem yang mengakibatkan cairan minyak rem akan terus menekan yang akan membuat roda seret.

Dari beberapa kasus, poin yang terakhir sering terjadi, Harus diperhatikan jika anda melakukan penggantian swith lampu rem, pastikan jarak bebas tuas pedal rem tidak rapat. mengganti switch rem memang mudah untuk anda lakukan sendiri tanpa bantuan bengkel. namun bukan berarti tidak ada aturanyya. hati-hati dalam pemasangannya.

Sekian tentang Penyebab Rem Cakran & Tromol Mobil Macet, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.
Anda sudah membaca artikel tentang Penyebab Rem Cakram & Tromol Mobil Macet dan anda bisa menemukan posting artikel Penyebab Rem Cakram & Tromol Mobil Macet ini dengan alamat url http://www.mobilmogok.com/2013/04/mencari-penyebab-rem-macet.html. Silahkan share artikel dan dilarang mengcopy paste artikel Penyebab Rem Cakram & Tromol Mobil Macet tanpa mencantumkan link Sumber: Penyebab Rem Cakram & Tromol Mobil Macet Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat
Advertisement