Cara Memperbaiki Aki Mobil dan Motor Soak

MOBIL MOGOK - Aki mobil atau sepeda motor soak adalah hal yang bisa saja menimpa  anda. pada sepeda motor memang gak jadi masalah yang besar karena anda masih punya kick starter atau slah buat ngidupin mesin meski agak ribet buat jenis motor tertentu moisal motor dengan CC besar ataupun matic tapi tetep anda masih mudah buat ngidupin mesin. Lain lagi jika kendaraan anda berupa Mobil. Aki soak bakal bikin hari anda runyam, bagaimana tidak, anda harus cari orang buat dorong mobil, bahkan mobil mogok total jika setrumnya benar-benar habis.

Aki atau Batre pada kendaraan baik itu mobil dan sepeda motor pastinya memiliki umur pakai, namun terkadang aki juga rusak dalam waktu yang sangat singkat. ini bisa dan sering terjadi. Faktor yang membuat aki umur pakainya pendek memang macem-macem.  cBisa diakibatkan oleh kerusakan pada sistem pengisian atau juga memang dari kualitas aki itu sendiri. makanya penting untuk membeli aki yang berkualitas, minimal standar SNI. 

Kendaraan yang jarang dipakai juga bisa membuat aki ngedrop. makanya jika mobil atau motor banyak diem di garasi, minimal anda sering tuh buat manasin mesin, kalo bisa sih tiap hari. nah ketika aki atau batre sudah terlanjur ngedrop jangan buru-buru buang dan beli yang baru, bisa coba anda perbaiki. ini tepat jika aki rusak padahal anda belum lama membelinya atau menggantinya. sekedar berbagi pengalaman saja, saya pernah beli aki baru buat motor saya, dalam 4 bulan tuh aki dah drop. Pas saya cek, ternyata air accu nya udah tawar. baru 4 bulan pemakaian lho. dan ini cara saya memperbaiki kondisi aki motor saya yang baru dipakai 4 bulan itu.

Cara Memperbaiki Aki Basah Soak Ngedrop

Yang dibicarakan disini yaitu aki basah bukan jenis aki kering, begitu saya menyebutnya disini. Langsung aja ke pokok pembahasan.

Cara Memperbaiki / Mengakali Aki Soak

baiklah langsung saja ke pembahasanya :

Cara Memperbaiki Aki Mobil dan Motor Soak
  1. Sebelum melepas aki, pastikan kunci kontak dalam posisi of, lepas dan jangan letakan kunci kontak di dalam mobil. hal ini dilakukan menjaga agar tidak kejadian kunci malah terkunci di dalam mobil. 
  2. Lepas kabel aki dari kutub negatif terlebih dahulu kemudian kutub positif.
  3. Lepas penahan/penjepit aki dan angkat aki keluar.
  4. Buka penutup elemen-elemen aki dan tumpahkan cairan aki di tempat aman. awas cairan ini berbahaya jangan kena badan.
  5. Bersihkan aki dengan cara mengocok-ngocoknya ( saya biasa memakai air aki untuk menambah " bukan air aki untuk mengisi baru" )
  6. Setelah bersih, isi kembali aki menggunakan air aki ( air aki untuk mengisi baru " di tempat saya istilahnya akisir) sampai pada batas uper level ( lihat di bagian pinggir).
  7. Kemudian setrum/charge aki anda ke tukang setrum aki.
  8. Jika malas setrum aki, langsung aja pasang, nanti juga jika kendaraan dipakai ngisi sendiri, kecuali mobil yang pasti anda harus mendorong dulu kalo gak di setrum.
  9. Pasang kembali aki dengan memasang kabel kutub positif terlebih dahulu, kemudian negatif.
Itu tadi cara memperbaiki aki yang soak atau ngedrop, lebih tepatnya cara tadi adalah Kuras aki. Namun ada baiknya anda perhatikan juga apa yang menyebabkan aki mobil atau motor anda soak. nah ini beberapa yang bisa menyebabkan aki kendaraan anda soak. perlu anda cek juga, sebagai berikut :
  1. Kleman aki longgar ( Pada Mobil dan Motor).
  2. Kleman aki dan kutub aki kotor (Pada Mobil dan Motor).
  3. Sikring Putus ( Pada Mobil dan Motor).
  4. Van belt longgar atau aus atau putus (pada Mobil).
  5. Dinamo pengisian / Alternator Rusak (Pada Mobil).
  6. Kiprok Rusak (Pada Motor).
  7. Spul Rusak (Pada Motor).
  8. Kabel yang berhubungan dengan sistem pengisian Putus (( Pada Mobil dan Motor).
Sebelum anda putuskan memperbaiki aki sebaiknya anda cek dulu beberapa point, contoh jika pada mobil adalah Van Belt Dinamo. dan sikring serta kleman pada kutub aki. 

Mudah-mudahan aki anda segar kembali dan mendapatkan kesempatan kedua :-) dan ingat, Merawat aki itu memang penting untuk membuat aki awet dan tahan lama. selalu panasin mobil / Sepeda motor atau hidupkan setiap hari meski hanya 3 menit agar terjadi proses pengisian pada aki. agar aki tidak mudah rusak dan ngedrop. nah untuk jenis aki kering atau aki MF ( Maintenance Free ) bisa anda lihat di Cara Memperbaiki Aki Kering.

sekian Cara Memperbaiki / Mengakali Aki Soak dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.........

Cara Memperbaiki Aki Mobil dan Motor Soak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia