Mengakali Karet Central / Master Kupling / Rem Bocor

MOBIL MOGOK - Sistem Hidrolik pada rem mobil dan kopling mobil memang rentan bocor jika sudah mulai dimakan usia pakai, kebocoran pada rem biasanya terjadi pada master rem bawah dan master rem atas. begitu juga pada master kopling. jika terjadi bocor, maka yang harus diganti adalah karet seal nya. pada beberapa kondisi, bisa saja cara memperbaiki dengan cara diakali dibutuhkan untuk keadaan darurat.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips tentang bagai mana caranya mengakali karet central/master kupling atau rem bocor dalam keadaan darurat. sebetulnya utuk karet sil master rem ini jika rusak lebih aman dan seharusnya diperbaiki dengan cara diganti baru. namun terkadang ada yang kesulitan mendapatkan spare part seperti pada mobil atau motor yang sudah tua atau jadul. karena memang setiap jenis kendaran itu berbeda. nah ketika anda alami itu, mau tak mau anda harus mengakalinya. tanpa banyak kata, kita langsung saja ke pembahasanya.

Mengakali Karet Central / Master Kupling / Rem Bocor

Oke berikut ini cara memperbaiki karet seal rem atau kopling yang bocor dengan cara diakali, ini untuk cara darurat dalam keadaan darurat. langsung saja ke caranya :
1. Langkah Pertama
Pertama buka buka master kupling/rem kendaraan anda, kemudian keluarkan karet sil dari silindernya dengan terlebih dahulu membuka penahanya. kemudian buka karet sil dengan cara mencongkelnya memakai obeng kecil, setelah terbuka, balut piston dudukan karet memakai " seal tape " ketebalan sesuaikan saja, tujuanya agar karet mengembang terganjal balutan tadi.

Mengakali Karet Central / Master Kupling / Rem Bocor

2. Langkah Kedua
Setelah terbalut, pasang karet kembali pada dudukannya, kemudian pasang kembali ke silindernya dengan terlebih dahulu diberi pelumas, saya sarankan pake gel minyak rambut tancho. jangan lupa pasang penguncinya. 

Mengakali Karet Central / Master Kupling / Rem Bocor
3. Langkah Terakhir
Setelah selesai merakit dan memasangkan kembali master kupling/rem ke kendaraan anda, isi minyak rem dan buang angin dengan membuka baut pembuangan. biarkan mengalir keluar hingga gelembung udara tidak terlihat, dan kencangkan. bisa juga dengan langkah pengocokan tuas/pedal pendorong/pengungkit.

Cara ini efektif asal kondisi karet sil atau karet central rem atau kopling tidak dalam kondisi sobek. namun segera lah mencari part baru untuk segera diganti karena tentu saja tidak akan bertahan lama dan untuk lebih aman harus diganti yang baru.

Sekian Mengakali Karet Central / Master Kupling / Rem Bocor dari saya, maaf bila banyak kekurangan. mohon masukanya.

Mengakali Karet Central / Master Kupling / Rem Bocor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia