Spesifikasi Karakter Dan Kinerja Ban Mobil dan Sepeda Motor

MOBIL MOGOK - Spesifikasi Karakter Dan Kinerja Ban Mobil dan Sepeda Motor - Jangan anggap remeh komponen yang satu ini, Komponen vital yang dimaksud adalah ban. Tugasnya sangat berat. Bayangkan, ia meladeni tenaga mesin mendorong Mobil atau Sepeda Motor dengan kecepatan mobil yang bervariasi sambil memikul beban di atas 1 ton. Belum lagi menghadapi medan jalan yang bermacam-macam serta cuaca yang berubah-ubah, juga prilaku pengemudi yang kasar. di tambah beban yang kadang berlebih. jika tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kecelakaan. misalkan, mengisi angin berlebihan, sehingga ketika panas tekanannya naik melebihi ukuran standarnya. Akibatnya, meledak.

Pemilihan ban yang tepat sesuai jenis, Type dan karakternya akan membawa manfaat untuk anda, pemilihan ban untuk mobil niaga yang mengangkut beban muatan berat dan juga jenis medan jalan terjal berlubang tentunya akan berbeda dengan memilih jenis dan tipe ban untuk mobil dengan muatan ringan dan jalan perkotaan yang mulus. begitu juga untuk mobil balap dan mobil pribadi pastinya akan jauh berbeda, nah maka dari itu mobil mogok disini ingin berbagi cara memilih ban yang benar dengan memperhatikan Spesifikasi Karakter Dan Kinerja Ban Mobil dan Sepeda Motor.


Spesifikasi Karakter Dan Kinerja Ban Mobil dan Sepeda Motor


Karakter Kompon pada ban terdiri atas umumnya memiliki tiga jenis karakter, yakni hard, medium, dan soft. karakter kompon ban ini semakin lunak maka daya cengkramnya makin baik, namun tidak tahan lama dan sebaliknya untuk jenis kompon keras. untuk mengetahui karakter kompon sudah ada keterangan di ban, yakni M untuk medium, S untuk soft, dan H untuk tipe hard.


Ada juga karakter kembang ban, dikutif dari "dealersuzukimobil.com" ada cara paling awam untuk memilih karakter ban berdasarkan bentuk telapaknya. berikut ini :


Type / Jenis Ban Mobil Dan Sepeda Motor



  • Ban Eco Tyre
Ban jenis eco desainnya lebih sederhana. Ini yang membuat hambatan ketika menggelinding jadi rendah. Lebar ban minimal dengan telapak sederhana membuat daya cengkeramnya tak sebaik ban sport. namun jenis ban ini bisa menghemat pemakaian BBM.


  • Ban Unidirectional
Dikenal pula sebagai ban satu arah. Artinya ban hanya akan bekerja optimal bila diluncurkan searah yang direkomendasi pabrikannya. Biasanya ban jenis ini memiliki telapak berbentuk V atau anak panah.“Ban satu arah biasanya lebih berkarakter ke arah sport.


  • Ban Semi-Slick
Ban semi-slick memiliki bidang kontak maksimal dengan aspal, sehingga alur airnya sangat sedikit. Di jalan kering performanya memang sangat luar biasa.“Tapi jangan coba pakai ban ini di hujan. 


  • Ban Alur Air Lebar
Ada beberapa ban yang memiliki alur pembuangan air sangat lebar. Bahkan ada pula ban yang seperti dibelah tengahnya untuk alur air. Seperti bisa ditebak, performanya dalam membuang air sangat hebat. Di hujan lebat sekalipun, air dengan mudah dibuang sehingga ban tetap mencengkeram ke jalan.


  • Ban Asimetris
Sesuai namanya, ban jenis ini memiliki kembang tidak simetris. Untuk menggunakannya di pelek, Anda tidak memakai petunjuk arah gelinding, melainkan petunjuk bagian dalam dan bagian luar ban. ban asimetris ini mengoptimalkan pengendalian di kering dan basah.


Cara Merawat Kondisi Ban Mobil dan Motor


Selain dari hal-hal diatas, ada juga yang harus diperhatikan dalam hal penggunaan ban. seperti tekanan angin dan lainnya. jika angin dan hal penting lainnya tidak diperhatikan, maka bisa terjadi resiko ban meledak. Banyak lagi faktor penyebab ban meledak. Atau mobil tidak mendapat daya cengkeram yang baik. Inilah biang-biang pemicu ban cepat rusak atau kestabilan dan kenyamanan mobil kurang.


Spesifikasi Karakter Dan Kinerja Ban Mobil dan Sepeda Motor

  • Jangan memakai merek yang berbeda pada keempat roda.  karena, dari segi desain berbeda. Jelas mempengarungi daya cengkeram.
  • Upayakan memakai ban dengan jenis dan konstruksi  serta ukuran yang sama agar usia pemakaiannya imbang. 
  • Ban berspesifikasi tubeless jangan dikasih ban dalam. Risikonya, saat melesat kecepatan tinggi temperatur akan cepat naik. Sebaliknya, bila spesifikasi mengharuskan pakai ban dalam, ukuran harus sesuai. jangan kurang/lebih, resikonya ban dalam terlipat atau terjepit dan bisa meledak.
  • Periksa angin secara berkala. Bila kurang, penambahan dilakukan. isi sesuai spesifikasi yang tertera di ban, dingin atau keadaan panas.
  • Pada Mobil, jika kembang ban habisnya tidak rata, maka segera lah untuk lakukan spooring roda mobil agar ban tidak cepat habis akibat habis sebelah. spooring dimaksudkan untuk menyelaraskan roda/kaki-kaki mobil anda.

Pemakaian ban berbeda juga bisa mengakibatkan memperpendek umur diferential gear/gardan dikarenakan daya cengkram ban berbeda.

Spesifikasi Karakter Dan Kinerja Ban Mobil dan Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia