Cara Sederhana Menguras Radiator

MOBIL MOGOK - Cara Sederhana Menguras Radiator - Untuk merawat radiator, di antara cara yang biasa serta dapat dikerjakan sendiri yaitu menjaga volume air radiator serta kuras air radiator dengan berkala, tiap-tiap 40. 000 km atau Setahun sekali bila mobil jarang digunakan. untuk itu anda harus pergi ke tukang kuras radiator untuk membersihkan atau menguras radiator mobil atau motor anda. namun jika anda ingin mengerjakanya sendiri, anda bisa lakukan dengan tips dari saya.

Untuk menguras radiator ada beberapa hal yang harus anda siapkan, terutama adalah cairan radiator atau Radiator coolant. dan yang lainnya adalah peralatan seprti kunci-kunci dan juga selang air. penasaran ingin tahu carany, berikut ini selengkapnya untuk anda.

Cara Sederhana Menguras Radiator




untuk mengerjakannya sendiri, ada beberapa langkah saat menguras serta isi ulang air radiator : 


  • buka sumbat radiator ( letaknya dibagian bawah radiator ), lantas buka tutup radiator serta biarlah air radiator lama mengalir keluar sampai habis berbarengan kerak atau kotoran radiator. 


    Cara Sederhana Menguras Radiator
  • sesudah seluruh air keluar, tutup kembali sumbat radiator serta awalilah menuangkan air dari lubang pengisian radiator di atas sampai penuh ( sangat baik menggunakan air hasil penyulingan spesial untuk radiator atau menggunakan cairan radiator coolant ). untuk kendaraan yang dilengkapi dengan katup pembuang udara layaknya avanza atau xenia, pada saat isi air, katup ini di buka sampai air keluar melewati katup ini. 


  • sesudah penuh, silahkan menutup kembali lubang pengisian radiator rapat-rapat. 


  • hidupkan mesin dengan posisi ac off. biarlah mesin hidup sebagian waktu sampai kipas elektrik berputar supaya air radiator bersirkulasi sampai ke saat mesin untuk keperluan sistem pendingin, lantas matikan kembali mesin. janganlah lupa, di step ini anda mesti memeriksa senantiasa suhu mesin pada indikator temperatur di dashboard waktu mesin menyala, serta segera matikan mesin apabila temperatur naik melalui batas. untuk kendaraan yang tidak menggunakan kipas elektrik, dapat dengan lihat indikator temperatur di dashboard sampai jarum menunjuk posisi 1/2. 

  • sesudah mesin kembali dingin, buka kembali penutup radiator, lantas periksa kembali apakah volume air tetap terlihat penuh. bila ya, bermakna sistem isi air radiator sudah selesai serta anda dapat segera ke langkah no 7. namun bila tidak, imbuhkan kembali sampai batas meraih maksimum. 

  • tutup kembali radiator serta ulangilah langkah 4-5 diatas. 

  • periksa juga volume air di tangki cadangan air radiator, menguras juga bila tampak sudah kotor. yakinkan permukaan air cadangan mesti diatas batas “minimum” dalam takaran tangki cadangan. tangki cadangan air radiator mesti berisi air atau cairan radiator coolant yang sama.

Bagaimana, apakah sudah anda praktekan dan mudah bukan caranya, jika gak mau ribet, anda bisa menggunakan jasa bengkel radiator atau tukang kuras radiator untuk menguras radiator mobil atau motor anda.

demikian Cara Sederhana Menguras Radiator, mohon maaf bila banyak kekurangan. selamat mencoba.

Cara Sederhana Menguras Radiator Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia