Mengenal Kode “SAE” Pada Pelumas / Oli Mesin Kendaraan

MOBIL MOGOK - Mengenal Kode “SAE” Pada Pelumas / Oli Mesin Kendaraan - Kode SAE yang tertera pada kemasan produk pelumas/oli itu memang bukan sekedar kode biasa, bukan juga kode nomor buntut, hehe….. SAE itu sendiri adalah Society of Automotive Engineers (SAE) dan Tingkat daya tahan oli terhadap suhu ini dinyatakan dalam SAE. dalam memilih oli untuk kendaraan, apapun merek olinya, pasti akan menyertakan kode SAE oli tersebut. dan dalam penggunaan oli untuk setiap mesin dbaik mesin mobil, motor, atau mesin lainnya, produsen pembuat mesin tersebut akan menyertakan oliu tyang direkomendasikan atau oli yang digunakan oleh mesin tersebut.

Kode tersebut memang mengandung makna. itu adalah kode kimia untuk kekentalan/viskositas pelumas/oli tersebut. Kekentalan oli pada suhu rendah dan pada suhu panas. makanya kode sae akan berbentuk misalnya SAE 5W-40. nah bagaimana cara membaca kode SAE oli dan apa arti Kode SAE pada oli, berikut ini selengkapnya.

Kode “SAE” Pada Pelumas / Oli Mesin Kendaraan


Berikut ini selengkapnya tentang kode SAE pada oli baik oli mesin, transmisi dan gardan yang perlu anda ketahui. selengkapnya berikut ini :

  • Kekentalan / Viskositas Oli
Kekentalan oli berkaitan dengan kemampuan bekerja oli pada suhu yang ekstrim, oli yang baik adalah yang mempunyai kekentalan stabil memiliki daya tahan terhadap suhu rendah (dingin) dan suhu tinggi (panas). Tingkat daya tahan oli terhadap suhu ini dinyatakan dalam Society of Automotive Engineers (SAE).

Misalnya pada kemasan tertulis SAE 5W-40 ini berarti tanda 5W (Winter) bahwa pada suhu rendah (dingin) oli akan tetap memiliki kekentalan 5 dan pada suhu tinggi (panas) oli akan berada pada tingkat kekentalan 40, begitu pula dengan kode 15W-50 maka pada suhu terendah oli akan memiliki derajat kekentalan sebesar 15 dan pada suhu tertinggi oli memiliki tingkat kekentalan 50. Semakin kecil jarak kekentalan oli maka semakin baik kualitas oli tersebut misalnya SAE 5W-30 akan lebih baik dari kode SAE 5W-40.

Tips Memilih Kode SAE Pada Pelumas / Oli Mesin Kendaraan


Mengenal Kode “SAE” Pada Pelumas / Oli Mesin Kendaraan

Pakailah oli dengan spesifikasi rujukan produsen kendaraan anda (SAE). Karena itu sudah melalui uji dari produsen kendaraan anda. Dan gantilah pelumas/oli kendaraan anda secara berkala, lalai dalam hal ini bisa memperpendek umur kendaraan anda.

Mengenal Kode “SAE” Pada Pelumas / Oli Mesin Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia