Cara Merawat Kopling Motor Matik / Sproket

MOBIL MOGOK - Motor matic / motor bertransmisi cvt dapat mulai tidak nyaman saat memasuki penggunaan 5. 000 km. situasi layaknya ini berlangsung pada penggunaan di lokasi dengan iklim tropis. hawa panas serta berdebu mempercepat ketidaknyamanan itu. 


sumber ketidaknyamanan itu berlangsung dikarenakan penumpukkan debu di clutch carrier ( kampas kopling ). mengakibatkan, saat peranti ini mesti menggerakkan fungsinya, yang berlangsung yaitu daya cengkeram tidak berperan dengan optimal dengan kata lain slip. 

daya cengkeram clutch carrier yang tidak prima ini dapat dirasakan waktu mesin digeber dari situasi stasioner ke putaran mesin lebih tinggi lagi. disebabkan slip ini, vibrasi disebabkan pertambahan torsi mesin dapat merambat ke bodi. yang sangat merasa dibagian kaki serta setang kemudi. 


Cara Merawat Kopling Motor Matik / Sproket



Cara Merawat Kopling Motor Matik / Sproket


Perawatan CVT motor matic


menangani situasi ini, dianjurkan untuk lakukan kontrol setiap 5. 000 km pada peranti ini. apabila kedapatan kotor serta berdebu, bersihkan dengan langkah disikat serta disemprot dengan pertolongan kompresor.


Cara Merawat Kopling Motor Matik / Sproket


pada periode spesifik ada masanya untuk motor skutik harus melakukan pergantian clutch carrier ( kampas kopling ). tanda - tandanya motor dapat mengejan waktu lari, dengan kata lain tarikan merasa lambat walau telah digas. masalah utamanya terdapat pada kampas atau sepatu kopling yang telah habis periode pakainya.   bila tidak ingin narik, masalahnya umumnya ada di kampas kopling yang telah aus.  kampas itu sendiri dapat diganti tanpa mengharuskan kita beli satu set kopling sentrifugal. pembelian satu set memanglah dianjurkan supaya kerja lebih optimal, meskipun sesungguhnya cukup ganti sisi itu. 


kenapa kampas kopling dapat aus ? didalam cvt, dengan susunan bak planet mengorbit matahari, gigi-gigi berputar-berhenti-menahan gerak satu sama lain supaya memperoleh step gigi satu, dua, tiga, serta mundur atau lebih sederhana lagi. ia memakai payung pulley depan-belakang ( drive pulley serta driven pulley ) yang berputar serta dapat menguncup satu sama lain, serta terhubung dengan belt. waktu low gear atau waktu baru jalan, radius drive pulley kecil, namun driven pulley besar. sesaat waktu high gear yaitu kebalikannya, radius drive pulley lantas membesar, driven pulley lantas mengecil. gerak pulley ini ditahan oleh kopling yang berpusat di sepatu atau kampas kopling tersebut. makin kerap digunakan, atau apalagi diajak jalur jauh maupun kerap menanjak serta bawa beban berat, semakin cepat habis pulalah kampas kopling tersebut.

sekian tentang CARA MERAWAT KOPLING MOTOR MATIK / SPROKET, semoga bermanfaat.......

Cara Merawat Kopling Motor Matik / Sproket Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia