Memilih Ban Mobil Sesuai Karakternya


Mobil Mogok - ban atau roda adalah di antara fitur keselamatan sangat mutlak didalam mobil anda. ban mobil yaitu hanya satu perangkat yang menghubungkan mobil ke jalur, serta teknologi keselamatan layaknya antilock brakes ( abs ) serta kontrol kestabilan elektronik tidak bisa bekerja dengan baik bila ban pada mobil anda tidak mempunyai cengkraman yang bagus. 

ban dapat habis periode pakainya rata-rata sesudah jarak 40 ribu km, untuk type mobil penumpang. mudahnya, tinggal tengok saja sinyal twi ( tread wear indicator ) yang terpampang dibagian sidewall. jika ketebalan kembang ban telah meraih batas twi tersebut, maka siap-siap merogoh kocek untuk ganti ban.

Memilih Ban Mobil Sesuai Karakternya


pertama yang perlu di perhatikan waktu ganti ban adalah ukuran standar yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. bila kalau telah dulu diganti, tengok kembali buku manual kendaraan untuk tahu ukuran aslinya. “prinsipnya memakai ban merk apa pun bergantung pemilik, yang mutlak ukurannya cocok, ” 

Memilih Ban Mobil Sesuai Karakternya

contoh ; pada ban toyota kijang krista yang memakai ban ukuran 195/70r15. maka penggantinya baiknya juga menggunakan yang sama. jika pingin naik tingkat ( diameter pelek membesar ), ukuran yang direkomendasikan oleh pabrikan yaitu toleransi 2 inci. lantas untuk yang standarnya berukuran 15 inci, toleransi yang di terima optimal dengan ban ukuran 17 inci. 

lantas, langkah termudah juga tengok dibagian telapak ban ada garis berwarna, atau bila memanglah telah hilang termakan waktu, dapat mengecek ada rambut di ban. langkah paling baik pasti berkonsultasi dengan pihak yang lebih tahu, layaknya toko ban jika sangsi waktu pingin ganti ban. kemungkinan garansi mobil hangus atau berlangsung kekeliruan pemasangan dapat diminimalkan dengan berkonsultasi. 

bila ban yang terpakai teratur ditukar posisi, semestinya tingkat kehabisan ban dapat rata, baik untuk depan ataupun belakang. nah, untuk meringankan pengeluaran dapat ganti ban 2 buah dulu, namun ada syaratnya. pertama pasti kembang ban mesti kian lebih indikator sekurang-kurangnya. ban yang telah tidak tebal cuma membesarkan efek kecelakaan ! “kemudian posisikan ban yang baru dibagian depan, ” ini mempunyai tujuan kalau berlangsung masalah, layaknya ban pecah, pengemudi tetap dapat mengontrol kemudi. 

pada prinsipnya, pola telapak ban cuma dibagi jadi tiga golongan utama, yakni searah ( directional ), simetris ( symmetric ), dan asimetris ( asymmetric ). ketiga golongan tersebut memiliki cii-ciriistik yang berbeda didalam mencukupi keperluan pengemudi yang berlainan :

  •  telapak ban simetris ( symmetric ). dengan design rib yang berkaitan atau blok. ke-2 sisinya, baik segi didalam serta luar mempunyai fitur dan manfaat yang sama. biasanya ban dengan pola simetris mempunyai alur yang layaknya gelombang. mempunyai fitur : nyaman dan amat hening, alur utama untuk menepis air. pas untuk pengemudi yang suka kenyamanan dan keheningan didalam berkendara.

  • telapak ban asimetris ( asymmetric ). memiliki pola yang unik saat membedakan ke-2 sisi sisinya. sisi luar ban umumnya mempunyai design alur semakin besar untuk menepis air dan menambah pengendalian pada jalur basah. namun sisi didalam ban mempunyai alur lebih kecil manfaat memperluas bidang yang bersentuhan dengan jalur hingga ban lebih stabil. mempunyai fitur : pengendalian yang baik di jalur basah serta kering, pengendalian baik saat membelok pada kecepatan tinggi. pas untuk pengemudi yang suka performa tinggi.

  • telapak ban searah ( directional ). layaknya anak panah atau pola kembangannya berupa huruf “v”. mempunyai fitur : menepis air dengan prima didalam pengendalian tambah baik di permukaan basah ataupun kering, performa dan pengereman tambah baik, umumnya ada didalam ukuran besar ( 15 inci ke atas ) dan mempunyai indeks kecepatan yang tinggi. pas untuk beberapa pengemudi yang suka performa serta kecepatan tinggi 

setelah itu cermati tanggal produksi ban tersebut. kode ini terdapat di bagian sidewall ban. walau tidak mesti baru banget, baiknya tentukan ban yang tanggal produksinya belum 1 tahun. dikarenakan, sesusai aturan dari asosiasi bahwa periode garansi ban sepanjang 3 th., maka ban tersebut tetap mempunyai garansi 2 th. lagi. 

ban mobil tidaklah barang yang bebas perawatan. butuh diketahui bahwa ban kehilangan tekanan 1 psi tiap-tiap bln.. bila anda beli ban pada bln. agustus, pada januari anda dapat kehilangan 20% tekanan hawa pada ban. ban yang kempes ( kurang hawa ) dapat menyedot bahan bakr mobil semakin banyak. yang paling akhir serta sangat mutlak pasti problem kantong. layaknya dimaksud diawal, penentuan ban pengganti tidak mesti satu merk dengan aslinya.

sekian CARA MEMILIH BAN MOBIL SESUAI KARAKTERNYA, semoga bermanfaat.........................

Memilih Ban Mobil Sesuai Karakternya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia