Memilih Ban Motor Sesuai Karakternya

Mobil Mogok - Menentukan ban untuk sepeda motor memanglah terkesan gampang serta sepele. pergi ke toko ban atau bengkel serta sekalian memasangnya, urusan lalu beres. tetapi, fakta yang tidak dapat dimungkiri menunjukkan perihal lain. banyak pengguna sepeda motor yang mengaku nyaris celaka dikarenakan motor yang ditungganginya terpelanting atau terpeleset waktu direm. 

apalagi tidak sedikit juga yang mengaku motornya lebih boros bahan bakar sejak ubah baru baru. “itulah bukti bahwa menentukan ban yang tidak pas dapat beresiko pada kenyamanan, keamanan, dan biaya yang perlu dikeluarkan.

memakai ban dengan spesifikasi yang tidak cocok dengan cii-ciri motor serta jalanan yang saban hari dilewati bukan sekedar menyebabkan ketidaknyamanan namun juga beresiko. “memiliki potensi menyebabkan kecelakaan, ”

Memilih Ban Motor Sesuai Karakternya


Memilih Ban Motor Sesuai Karakternya


sebab itu, sebelum saat ganti ban, baiknya mencermati sebagian segi penunjang keamanan serta kenyamanan. terutama apabila motor tersebut dipakai saban hari dengan kata lain motor harian. apa saja itu ? 

1. tentukan ban dengan permukaan telapak sedang 
untuk anda yang pingin ganti ban motor yang anda gunakan sehari-hari, baiknya menentukan ban dengan type tapak menengah. berarti, bukan hanya ban dengan lebar telapak kecil layaknya yang dipakai oleh anak-anak muda sekarang ini. 

ban dengan telapak yang kecil memanglah sedikit menyedot tenaga dari mesin. pasalnya, bidang yang bergesekan dengan permukaan jalur juga relatif sedikit. alhasil, motor lebih hemat bahan bakar. 

ban jenis itu juga jadikan motor lebih lincah bermanuver. “namun, dikarenakan telapak yang kecil motor dengan ban layaknya itu mudah terpeleset, terpelanting, apalagi ban rawan pecah, ” terang hamdani. 

sebab itu, pakai ban dengan telapak berukuran tengah. apabila anda kesusahan untuk menemukannya, tambah baik ikuti standar dari pabrikan motor. 

ban dengan telapak tengah tak hanya tidak boros bahan bakar juga lebih stabil serta safe. cii-ciri layaknya itu pas untuk motor yang dipakai sehari-hari. 

2. tentukan type ban yang pas : kering atau basah 
sepanjang ini beberapa orang yang tidak mengerti atau tidak memahami waktu dapat beli ban di toko serta memasangnya di motor mereka. walau sebenarnya, pabrikan menghasilkan didalam type ban yakni basah atau kering. 

lihat cii-ciri iklim di indonesia yang tropis dengan perbandingan musim hujan serta kering yang seimbang, amat dianjurkan untuk memakai type ban basah. pasalnya, ban type itu tetap mempunyai daya cengkeram tinggi saat hujan mengguyur bumi serta jalanan dipenuhi genangan air. 

“ban itu juga tetap mempunyai tingkat grip yang tinggi di lintasan kering. ban ini pas untuk motor harian yang dipakai di semua lintasan, ” terang hamdani. 

sebaliknya, ban type kering mempunyai daya cengkeram yang kurang di waktu melibas genangan air di waktu hujan. mengakibatkan, motor rawan terpeleset atau tergelincir. terutama apabila pengendara lakukan pengereman dengan tiba-tiba. 

memanglah, ban type ban basah juga mempunyai kekurangan yakni kurang mencengkeram di lintasan kering. tetapi, apabila di banding ban kering keunggulan ban basah tetap lebih tinggi. 

3. tentukan motif atau profil ukiran ban yang tepat 
motif ukiran pada ban amat terkait dengan kinerja ban waktu melintasi beragam cii-ciri jalanan, baik basah ataupun kering. untuk anda yang memakai motor untuk aktivitas harian, dianjurkan memakai ban dengan motir atau profil ukiran searah. 

motif ukiran ban memanglah bermcam-macam. tetapi, biasanya panrikan menukir ban product mereka searah yakni miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang. 

perihal itu ditujukan supaya ban dapat singkirkan air ke samping serta permukaan ban terus dapat mencengkeram permukaan jalur. karena, motor terus stabil serta pengendara tidak kehilangan kendali. 

4. mengerti kode ban 
kode yang perlu anda mengerti bukan sekedar hanya ukuran ban baik didalam ukuran metric ataupun inci saja, namun juga kode produksi. perihal itu ditujukan supaya anda tidak salah menentukan ban yang sebenarnya telah kedaluwarsa. 

biasanya, pabrik ban merancang periode kedaluwarsa produknya lima th.. tetapi, siapa tahu ada oknum toko atau bengkel yang nakal, walau ban sudah kedaluwarsa namun terus dijual. “walau tawarkan harga yang lebih miring, baiknya janganlah membelinya. dikarenakan ban terkait dengan keselamatan, ” pesan hamdani. 

untuk tahu kapan ban itu diproduksi cukup mudah. umumnya, produsen mencantumkan kode produksi pada di antara segi ban serta umumnya tercetak kode empat angka. 

contoh kode itu, contohnya, 1207. berarti, ban tersebut diproduksi pada minggu ke-12 th. 2007. nah, anda dapat menghitung berapakah umur ban itu waktu anda dapat membelinya, sejak diproduksi. 

perihal lain yang pantas anda ingat yaitu, janganlah memakai ban yang tidak cocok dengan ukuran pelek. apalagi, apabila pingin memakai pelek serta ban yang berukuran semakin besar dari ukuran ban serta pelek standar pabrik, baiknya tidak kian lebih dua inci. 

karena, biasanya produsen sepeda motor tetap berikan toleransi pergantian ukuran ban serta pelek sebesar itu. 

SEKIAN TENTANG Memilih Ban Motor Sesuai Karakternya, semoga bermanfaat…

Memilih Ban Motor Sesuai Karakternya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Kurnia