Cara Cek Kerusakan Nozzel Injeksi

Mobil Mogok - Nozzle adalah piranti vital pada mesin diesel maupu bensin yang memakai sistem injection. berpungsi sebagai pengabut bahan bakar di ruang bakar. pada mesin diesel yang pake injektor manual, nozel hanya berfungsi sebagai pengabut saja tekanan bahan bakar dan waktu pengabutan berdasarkan pompa injektor. sedang pada mesin2 bensin EFI memakai nozlle yang elektrik. jadi waktu pengabutan diatur oleh pusat sensor dan injection pump hanya bertugas memompa saja.

Cara Cek Kerusakan Nozzel Injeksi


kerusakan pada Nozzle biasanya berupa mesin pincang, tenaga hilang dan asap perih, mesin susah hidup, dan mesin brebet. ini bisa di akibatkan karena pengabutan bahan bakar kurang sempurna, mampet, atau tekanan di setiap nozel berbeda.

Cara Cek Kerusakan Nozzel Injeksi

Memperbaiki nozel pada mesin diesel bisa dilakukan dengan penyetelan kembali tekanan dan penyempurnaan pengabutan yang dikeluarkan. ada alat khusus untuk mengukur tekanan dan mengatur kekerasan pegas didalam nozzle. mengaturnya ada yang sudah pake setelan tinggal putar sampe yang harus pake ganjal. berbeda dengan nozzle pada mesin2 EFI yang rata2 langsung dilakukan penggantian karena ada komponen elektriknya.

Untuk menentukan posisi nozle yang rusak dengan cara menghidupkan mesin pada mobil diesel kemudian longgarkan selang penghubung injektor dengan nozlle. apabila mesin tidak ada perubahan rpm maka itu nozlle yang bermasalah. jika mesin mengalami perubahan rpm maka nozlle yang itu normal. jika pada yang elektrik pada prinsipnya sama, hanya caranya memutus arus listrik dengan membuka soket.

sekian tentang Cara Cek Kerusakan Nozzel Injeksi, semoga bermanfaat...................................................

Cara Cek Kerusakan Nozzel Injeksi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia