Memperbaiki Gejala Kerusakan Setir

MOBIL MOGOK - Setir adalah komponen utama yang langsung kontak dengan pengemudi. makanya untuk keselamatan berkendara setir wajib dalam kondisi normal untuk kenyamanan berkendara dan keamanan di jalan. setir yang bermasalah dapat mengakibatkan kecelakaan dikarenakan kendaraan susah dikendalikan yang efeknya akan membahayakan anda dan pengandara lain di jalan.

Kerusakan pada setir mobil banyak macamnya, dari mulai ringan sampai anda harus membongkar setir. pada kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang beberapa gejala kerusakan setir dan cara memperbaikinya. tanpa banyak basa-basi langsung saja ke pembahasannya.

Gejala Kerusakan Setir dan Cara Memperbaikinya


1. Setir longgar/speleng (jarak bebas terlelu panjang)

penyebabnya bisa dari setelan setir, baut dudukan kendor, bos stir aus, atau tierod yang aus. cara memeriksa, gerak2an setir pada jarak bebasnya lihat ke bawah (kolong) cek apakah ada tie rod atau bos stir aus. ini bisa terlihat jika ada yang aus. jika tidak ada yang aus, berarti itu setelan stir. setel setelan stir dengan cara mengencangkanya sedikit demi sedikit sampai jarak bebas hilang. jika setir keburu seret jarak bebas gak hilang, anda perlu membongkarnya, dipastikan ada komponen di dalam setir yang aus bisa gigi setir atau laher aus.


MEMPERBAIKI GEJALA KERUSAKAN SETIR


2. Setir jika mobil jalan narik sebelah.

kondisi ini bisa di akibatkan karet stabil sayap pecah sebelah atau perlu di spooring ulang. cek karet stabil sayap.

3. Setir berat.

kondisi ini bisa di akibatkan setelan setir terlalu rapat atau komponen tie rod, ball joint, bos setir atau king pin (mobil truck) kering. perlu di beri gemuk/stempet untuk yang pake niple stempet. atau di masukan manual dengan membuka balljoint/tie rod terlebih dulu, buka karet boot dan kasih gemuk.

4. Ada bunyi gesekan di mesin jika setir di belokkan

ini biasa terjadi pada setir power steering, penyebabnya van belt power steering longgar dan perlu penyetelan ulang untuk kekencanganya.

5. Setir Tidak Lurus.

untuk ini, anda hanya tinggal buka penutup setir, kendurkan dan buka mur pengunci setir atur kembali kelurusan posisi setir.

sekian tentang MEMPERBAIKI GEJALA KERUSAKAN SETIR, semoga bermanfaat dan selamat di perjalanan.

Memperbaiki Gejala Kerusakan Setir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia