Tips Mendinginkan Suhu / Tempratur Mesin Overheat

MOBIL MOGOK - Mesin panas adalah suatu kondisi tidak normal pada mesin, kondisi ini diakibatkan banyak faktor penyebab.jangan anggap remeh kondisi ini, karena bisa mengakibatkan mesin rusak parah. ini bisa mengakibatkan mesin macet karena overheat. lalu apa saja faktor penyebabnya, adalah kondisi dimana piranti pendingin mesin tidak dalam kondisi baik meliputi kipas pendingin, air radiator kualitas buruk, van belt kipas pendingin aus / slip, dinamo kipas pendingin aus, radiator kotor/tersumbat, atau bahkan cylinder head gasket rusak terbakar juga bensin yang terlampau irit serta thermostat rusak. lalu bagaimana cara menormalkan/mendinginkan kembali suhu mesin.

Tips Mendinginkan Suhu / Tempratur Mesin Overheat


Mendinginkan suhu mesin bisa dilakukan dengan melakukan beberapa pengecekan dan pembersihan. apa saja yang harus di cek kondisinya, berikut pengecekan dan cara memperbaiki kerusakannya.


Tips Mendinginkan Suhu / Tempratur Mesin Overheat

1. cylinderhead gasket

pengecekan dilakukan dengan membuka tutup radiator dan menstart mesin jika ada lonjakan/semburan air itu menandakan gasket rusak/terbakar. harus dilakukan penggantian.

2. air raditor

lihat kondisi air, jika keruh dan kotor, segera lakukan pengurasan dengan membuang dan mengisi dengan yang bersih.

3. thermostat

Langkah mengecek thermostat yaitu lepaskan  thermostat dari rumah termostat (outlet raditor atas ) lantas letakan di air yg tengah di masak, bila tempratur air telah meraih 60 derajat celcius, tengok apakah katup thermostat membuka? serta teruskan pemanasan hingga suhu air meraih suhu 91 derajat celcius (untuk beberapa jenis mobil thermostat bekerja  pd suhu 91 derajat, hal semacam ini berbeda- lain bergantung type mobil)) serta lihatlah apakah katup thermostat buka penuh? bila ya, artinya Thermostat bagus dan berfungsi, bila tak maka thermostat rusak dan perlu diganti.

atau lihat saja dari kondisi fisik jika berkerak dan berkarat lebih baik dilakukan penggantian. pada jenis2 mobil diesel dan yang berkarburator mencopot dan men los kan komponen ini membuat mesin dingin dan resiko overheat menjadi minim.

4. cairan pendingin dan radiator

lihat dari cairan pendingin jika kotor dan keruh sebaiknya lakukan pengurasan ke tukang kuras radiator.

5. kipas pendingin

lihat kondisi kipas, van belt, atau kekuatan dinamo kipas untuk yang elektrik jika ada tanda keausan/kerusakan dan putaran lemah ganti komponen tsb.

6. selang2 raditor.

lihat kondisi selang2 saluran cairan pendingin dari kondisi terlalu menekuk yang bisa menyebabkan hambatan aliran air.

sekian Tips Mendinginkan Suhu / Tempratur Mesin Overheat semoga ini bisa membantu anda dan terima kasih kunjungannya.

Tips Mendinginkan Suhu / Tempratur Mesin Overheat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia