Bahan Bakar Alternatif Kendaraan ( Alternative Fuel )

MOBIL MOGOK - Bahan bakar adalah suatau kebutuhan pada saat ini di dunia otomotif. Bahan Bakar fosil itu semakin menipis keberadaanya, bayangkan beberapa masa ke depan saat bahan bakar fosil habis bagaimana dengan kendaraan-kendaraan yang bahan bakar utamanya bahan bakar minyak (bbm). karena itulah banyak riset2 dilakukan untuk mencari energi alternatif / alternative energy disamping listrik yang sudah mulai dipakai pada industri otomotif, ada juga bahan bakar alternatif Alternative Fuel yang bisa di apliksikan dan bukan tidak mungkin akan menggantikan bahan bakar fosil.


ada beberapa macam Alternative Fuel / bahan bakar alternatif dari alam yang sudah ditemukan, yang terus dilakukan riset. mau tau apa saja, beikut saya kutif dari (otomotifmobil16.blogspot.com).

Bahan Bakar Alternatif Kendaraan ( Alternative Fuel )


http://kurniots86.blogspot.com/2013/10/bahan-bakar-alternatif-kendaraan.html

1. Ethanol 

Adalah bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tanaman, seperti jagung serta gandum. Dalam sejarahnya etanol sudah lama dipakai untuk bahan bakar. Bahan bakar ini bisa digabung dengan bensin untuk menambah kandungan oktan serta mutu emisi. Tetapi, ethanol mempunyai efek negatif pada harga pangan serta ketersediannya. 

2. Methanol 

Methanol yang juga di kenal untuk alkohol kayu bisa jadi daya alternatif pada kendaraan. Methanol bisa jadi daya alternatif yang mutlak di hari esok lantaran hidrogen yang dihasilkan bisa jadi daya juga. Tetapi, saat ini ini produsen kendaraan tak akan memakai methanol untuk bahan bakar. 

3. Biodiesel 

Biodiesel adalah daya yang datang dari tumbuhan atau lemak binatang. Mesin kendaraan bisa memakai biodiesel yang tetap murni, ataupun biodiesel yang sudah digabung dengan minyak. Biodiesel kurangi polusi yang ada, walau demikian terbatasnya product serta infrastruktur jadi persoalan pada sumber daya ini. 

4. Hidrogen 

Hidrogen bisa digabung dengan gas alam serta membuat bahan bakar untuk kendaraan. Hidrogen juga dipakai pada kendaraan yang memakai listrik untuk bahan bakarnya. Meskipun demikian, harga untuk pemakaian hidrogen tetap relatif mahal. 

5. Propana 

Propana atau yang umum di kenal dengan LPG adalah product dari pengolahan gas alam serta minyak mentah. Sumber tenaga ini telah banyak dipakai untuk bahan bakar. Propana membuahkan emisi lebih sedikit dibanding bensin, tetapi penciptaan metananya lebih jelek 21 kali lipat. 

6. Gas Alam 

Gas alam telah banyak dipakai di beragam negara yang umumnya untuk bidang property serta usaha. Bila dipakai untuk kendaraan, emisi yang dikeluarkan bakal lebih ramah lingkungan dibanding dengan minyak. 

7. P-Series 

P-series adalah paduan dari ethanol, gas alam, serta metyhltetrahydrofuran (MeTHF). P-series benar-benar efisien serta efektif lantaran oktan yang terdapat cukup tinggi. Penggunaannya juga benar-benar gampang bila mau digabungkan tidak ada sistem dengan tehnologi lain. Walau demikian, sampai saat ini belum ada produsen kendaraan yang membuat kendaraan dengan bahan bakar fleksibel.

sekian tentang Bahan Bakar Alternatif Kendaraan ( Alternative Fuel ), semoga bermanfaat...........

Bahan Bakar Alternatif Kendaraan ( Alternative Fuel ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia