Cara Kerja YEIS Dan SUPER KIPS

MOBIL MOGOK - Motor 2 tax memang selalu jadi primadona bagi yang demen akan tenaga dan akselerasi yahud. ya, memang tarikan motor2 menggunakan mesin 2 tax itu terkenal kencang dan mantaf. salah satunya yang banyak diminati adalah Sang Raja RX KING dan Kawasaki NINJA. Nah pada kedua motor tersebut sebetulnya ada komponen pendongkrak tenaga yang disebut YEIS ( Yamaha Energy Induction System ) dan KIPS ( Kawasaki Integrated Powervalve system ). 

Bagaimana YEIS dan KIPS bekerja atau cara kerja kedua komponen ini, berikut ulasanya :

Cara Kerja YEIS Dan SUPER KIPS


YEIS ( Yamaha Energy Induction System )


Pada motor RX king ada sbh tabung plastik dibawah tangkinya yang dikaitkan dng selang ke reed valve. Tabung ini bermanfaat utk menaruh campuran gas baru. Jadi waktu reed valve buka, campuran gas baru dari karburator masuk ke dlm area bakar. Sesaat di waktu reed valve tutup, mengakibatkan campuran gas baru yg telah terlanjur keluar dari karburator, tertahan diantara reed valve serta karburator. Karenanya ada tabung YEIS ini, maka campuran gas baru yg tersisa ini, dialirkan utk disimpan didalam tabung.

Cara Kerja YEIS Dan SUPER KIPS
Tabung YEIS
Demikianlah selanjutnya. Sampai pada waktu Anda memerlukan akselerasi. Maka yg anda kerjakan buka handle gas semakin besar lagi. Kevakuman lebih tinggi, serta campuran gas baru yg masuk tidak cuma dari karburator, namun disuplai juga dari tabung YEIS.  janganlah ganti selang atau dudukan tabung YEIS sesukanya. Karena akan mengakibatkan kerja tabung YEIS terganggu. teknologi ini membuat RX King mempunyai tingkat responsif yg tinggi.

KIPS ( Kawasaki Integrated Powervalve system )


Cara Kerja YEIS Dan SUPER KIPS
Super KIPS

Super Kips merupakan satu system penggunaan katup yg mengatur penutupan serta pembukaan beberapa dari lubang pembuangan, supaya pembuangan gas dari sisa pembakaran pada waktu RPM tinggi mampu berjalan lebih prima (katup buka), sebaliknya juga pd RPM rendah bakal menjauhi terbuangnya campuran bensin-udara yg baru masuk ke area bakar dari karter (katup tutup) . Katup ini bakal berperan buka pada waktu RPM di atas 7000 sampai 8500. 
0 hingga 7000 rpm : Katup KIPS tertutup 7000 hingga 8500 rpm : Katup KIPS terbuka 
Hingga efesiensi mengonsumsi bahan bakar tambah baik (efesinsi volumetric) 
Hingga mampu membuahkan tenaga yg stabil baik pd putaran mesin bawah ataupun putaran mesin atas.

Sekian tentang Cara Kerja YEIS dan Super KIPS, semoga menambah wawasan kita tentang teknologi sepeda motor.

Cara Kerja YEIS Dan SUPER KIPS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia