Cara Membuka Selang - selang Yang Keras Pada Mesin

MOBIL MOGOK - Pada rakitan mesin di sepeda motor dan mobil banyak terdapat selang-selang dari mulai selang air / radiator, selang hose vacum, selang bahan bakar, dan lainnya. terkadang ketika kita hendak membuka selang2 tersebut suka keras dan lengket dan jika dipaksa dicabut akan putus. kondisi putus pun sebetulnya tidak masalah karena kadang selang tidak terlalu pas panjangnya atau ada lebihnya yang memungkinkan masih bisa tersambung jika putus, tapi masa iya setiap kali membuka mesti putus.

untuk membuka selang pada mesin tsb memang ada triknya, mungkin ini bukan rahasia bagi para mekanik yang terbiasa untuk membukanya. tapi lain hal jika anda seorang yang awam. nah kali ini saya ingin membagio tips bagaimana cara membuka selang2 pada mesin yang baik dan aman. tanpa banyak basa-basi langsung kita ke TKP.

Cara Membuka Selang - selang Yang Keras Pada Mesin


Cara Membuka Selang - selang Yang Keras Pada Mesin

1. Selang Radiator.

untuk membuka selang radiator pastikan mesin dalam kondisi dingin, ini untuk menjaga keselamatan anda dan mesin itu sendiri, buang dulu air pendingin dari pembuangan radiator. untuk membuka selang jangan langsung tarik melainkan putar selang untuk melepas cengkraman selang pada pipa. atau sedikit mencongkel dengan obeng kecil lalu putar selang.

2. selang hose vacum dan selang bahan bakar ( selang kecil )

naha ini dia yang rentan putus, untuk membuka jangan di tarik langsung melainkan putar dahulu, jika susah putar pake tangan, capit pake tang bagian yang masuk ke pipa jangan terlalu keras mencapit lalu putar. setelah dapat di putar, tarik sambil putar kanan putar kiri. 

langkah tersebut akan membuat selang2 dalam kondisi baik.

sekian tentang Cara Membuka Selang - selang Yang Keras Pada Mesin, semoga bermanfaat..........

Cara Membuka Selang - selang Yang Keras Pada Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia