Cara Memperbaiki Pompa Bensin ( Rotax Bensin)

MOBIL MOGOK - Pompa bensin ( Fuel Pump ) atau biasa disebut Rotax, Membran adalah perangkat pompa bahan bakar pada mobil. untuk Rotax dan membran itu dipakai pada mobil2 yang masih menggunakan karburator sebagai pengabut bahan bakarnya. komponen ini dengan seiring umur pemakaiannya akan mengalami kerusakan dimana kerusakan pada komponen ini menyebabkan bahan bakar tidak terpompa sampai pada karburator yang akan menyebabkan mesin anda mati.

yang akan saya bahas disini adalah pompa bensin yang banyak disebut dengan nama rotax. yang satu ini merupakan pompa bahan bakar elektrik, sedangkan untuk membran itu menggunakan putaran dari mesin untuk bekerjanya komponen tsb. jika rotax ini rusak banyak gejala yang biasanya timbul, dari mulai mobil jika dibawa jalan ngempos, jika sudah panas mati dan normal kembali jika dingin, sampai sama sekali mati. ini disebabkan dari komponen pompa itu yang rusak maupun baru gejala rusak. dimana jika ngempos berarti daya pompa ( tekanan) berkurang, jika panas mati itu gejala rusak tapi belum mati total, dan satu lagi malahan mati total.

Cara Memperbaiki Pompa Bensin ( Rotax Bensin)

CARA MEMPERBAIKI POMPA BENSIN ( ROTAX BENSIN)

Cara memperbaiki komponen ini mudah saja, tapi sebelum melakukan penggantian pastikan dahulu bahwa benar2 rusak, pastikan kabel2 dan arus listrik untuk komponen ini bekerja terkoneksi dengan baik. untuk memperbaiki ada dua opsi yaitu :

1. lakukan penggantian total (ganti baru)
2. lakukan penggantian pada platina / Plati Rotax (beberapa menggunakan platina pada rotax ini)

yup mudah saja, untuk mengganti platina tinggal buka cabut platina yang lama dan ganti baru. anda membutuhkan solder dan tinol untuk menyambungkan kabel dari platinanya. kemudian cek di luar dengan memberi setrum sebelum di rotax dipasang ke mobil.

sekian tentang Cara Memperbaiki Pompa Bensin ( Rotax Bensin), semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki Pompa Bensin ( Rotax Bensin) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia