Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor

MOBIL MOGOK - Oil cooler dapat membuat temperatur oli dingin ini akan membuat performa motor tetap stabil. sayangnya, sepeda motor yang memakai teknologi ini di indonesia hanya beberapa variant. namun bukannya tidak bisa di pasangkan pada motor2 lain seperti TIGER, MEGA PRO, GL PRO,  SCORPIO, VIXION, BYSON, JUPITER MX dll. yang dari dealernya belum memakai oil cooler, bisa kok kita pasang oil cooler di motor yang belum pake oil cooler. banyak produk aftermarket atau bisa comot moiliknya satria fu. 

sebelum memasangnya, kita harus pahami cara kerja nya. pada sepeda motor oli dipompa oleh pompa oli ke area cylinderhead tepatnya ke noken as. nah untku memasang oil cooler kita harus menempatkan jalur oil cooler antara pompa oli dan head. jadi oli yang keluar dari pompa itu didinginkan dulu sebelum masuk ke area noken as dan platuk klep. jadi kita harus melakukan pengeboran untuk jalu oli keluar dan masuknya. dan menutup jalur aslinya. ingat jalur oli dialihkan melewati oil cooler bukan di cabang. kalau dicabang bebarti jalur oli ada dua, bawaan dan oil cooler. ini berakibat tekanan oli berkurang bisa mengakibatkan keausan mesin.

Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor


Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor

Biasanya jalur oli masuk ke oil cooler dengan mengebor jalur dari pompa oli di blok kanan, dan untuk buang dari oil cooler ada yang ke boring dan ada yang langsung ke cylinder head. dan ketika kita memutuskan untuk memasang oil cooler ketika kita membuka jalur oli untuk ke oil cooler, jalur bawaan harus ditutup. jadi tidak ada jalur cabang. melainkan mengalihkan jalur oli melalui pendingin terlebih dulu.

berikut contoh beberapa letak untuk membuat jalur oil cooler.

Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor
jalur masuk blok kanan

Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor
jalur keluar


jalur oli masuk ke oil cooler

jalur oli ke noken as tiger

Pelajari dulu skema jalur oli motor anda sebelum melakukan perubahan.

sekian tentang Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor, semoga bermanfaat

Cara Pasang Oil Cooler Di Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia