Cara Skir Klep Motor Atau Mobil

MOBIL MOGOK - Klep bocor atau ganti klep baru maupun ganti siting klep baru diperlukan skir ulang atau istilahnya dibikin dudukan alur baru agar payung klep dan siting klep tidak bocor. klep bocor akan membuat kompresi rendah akibat kebocoran klep yang berakibat tenaga berkurang dan bahan bakar juga boros. tidak hanya itu karena pembakaran otomatis tidak sempurna dikarenakan campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang menyebabkan busi cepat mati.

bagaimana cara skir klep itu sendiri, cara skir klep yang banyak dilakukan di bengkel2 itu ada dua cara. yang pertama pakai bor listrik dan yang kedua secara manual pake tangan. dengan memakai Amril atau Grinding paste untuk mengasahnya. untuk penjelasan tentang bagaimana caranya, saya tulis dibawah.

Cara Skir Klep Motor Atau Mobil


  • skir klep pakai bor listrik
yang diperlukan adalah bor listrik dan selang yang masuk ke gagang klep. caranya cari besi atau mata bor untuk ditempatkan di bor tangan yang berfungsi untuk tempaat selang. selang ini yang menghubungkan antara bor tangan dan klep. oleskan amril atau grinding paste bagian kasar (coarse) di payung klep yang kontak dengan siting klep. beri oli sedikit / minyak untuk supaya hasilnya rata. kemudian nyalakan bor biarkan payungklep menggesek dengan sesekali diangkat atau di renggangkan. lihat sesekali bagian yang bergesekan apakah sudah ada alur yang rata antara payung klep dan siting klep. jika dirasa rata kemudian bersihkan dan lakukan seperti tadi dari step pertama hanya amril yang digunakan yang halus (fine end). lakukan sampai permukaan gesekan dirasa halus dan rata.

  • skir klep manual (pakai tangan )

Cara Skir Klep Motor Atau Mobil

langkahnya sama seperti yang di atas hanya kita tidak memakai bor tangan melainkan pakai tangan digeleng-geleng pakai dua telapak tangan.

Dari kedua cara tadi banyak yang merekomendasikan cara yang manual. hasilnya lebih rata hanya saja caranya yang agak ribet dan lama. dan untuk mengetes kebocoran setelah klep dan per semua dirakit isi lubang intake dan out pake bensin lihat di klep jika ada kebocoran akan terlihat bensin keluar / basah.

tambahan : jika tidak ganti klep atau siting baru alias hanya sekedar skir klep langsung saja skir menggunakan amril yang halus.

sekian tentang Cara Skir Klep Motor Atau Mobil, semoga bermanfaat.................


Cara Skir Klep Motor Atau Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia