Memperbaiki Getaran Pada Tongkat Persneleng ( Transmisi )

MOBIL MOGOK - Tongkat Pemindah Gigi Transmisi adalah alat untuk memindahkan setiap gigi ketika kendaraan laju. pada mobil dengan Transmisi Manual, tongkat ini sering kali digerakan untuk meindahkan gigi naik dan turun. seiring dengan umur pemakaian kendaraan, tongkat pemindah gigi akan mulai terasa longgar dan bahkan suka bergetar. tidak apa2 sih memang tapi kadang getaran menimbulkan suara yang agak mengganggu.

Kondisi tersebut sebetulnya tidak akan menimbulkan masalah yang serius, tapi bukan berarti tidak akan menimbulkan efek dalam jangka panjang. nah sebetulnya untuk memperbaiki tongkat pemindah gigi transmisi yang longgar itu mudah, tidak banyak yang harus dibuka untuk beberapa jenis mobil. dan komponen yang harus digantinya pun murah kok. nah bagaimana cara memperbaikinya, berikut panduannya.

Memperbaiki Getaran Pada Tongkat Persneleng ( Transmisi )


Memperbaiki Getaran Pada Tongkat Persneleng ( Transmisi )

Yang pertama harus dipahami dulu, ini biasa terjadi pada tongkat transmisi yang letaknya tepat di atas transmisi tsb. bukan yang memakai penghubung lain. contoh, mobil kijang, isuzu panther, feroza, dll.

langkah pertama buka sekrup atau baut karet boot tongkat transmisi, untuk sebagian yang ada boks tempat minum dll harus buka boks tsb, kemudian setelah di buka akan tampak tongkat menancap pada tranmisi dan ada pengunci berupa plat bulat, coba tekan maka akan masuk ke dalam dan jika dilepas kembali lagi, nah buka pengunci tsb dengan cara menekannya kemudian memutar ke kiri ( kebalikan jarum jam ) setelah mentok lepas dan akan terlepas keluar. setelah lepas cabut tongkat transmisi. akan terlihat bushing di ujung tongkat dan di lubang dudukan tongkat ( di transmisi ) ganti kedua bushing tsb dan pasang kembali seperti semula semuanya. 

sekian tentang Memperbaiki Getaran Pada Tongkat Persneleng ( Transmisi ), terima kasih kunjungannya....

Memperbaiki Getaran Pada Tongkat Persneleng ( Transmisi ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia