Memperbaiki Jarak Bebas / Spelling Setir

MOBIL MOGOK - Setir lambat laun akan mengalami penambahan jarak bebas / spelling seiring dengan jarak tempuh dan pemakaian. jarak bebas sendiri itu wajar. ini bukan indikator kerusakan. karena pada setir itu sendiri terdapat setelan untuk menyetel jarak bebas setir. namun jarak bebas yang tidak wajar atau terlalu panjang juga bukan hanya berasal dari setelan setir melainkan bisa juga karena efek rack end atau tie rod aus atau rusak.

Memperbaiki Jarak Bebas / Spelling Setir


Jika dirasakan jarakj bebas atau speeling setir terlalu panjang, coba cek dulu di kaki-kaki goyang2 setir dan lihat tie rod juga rack end apakah aus atau tidak. jika tidak ada masalah dengan kedua komponen tersebut, bisa dipastikan itu hanya diperlukan penyetelan pada setir. penyetelan pada kerenggangan gigi pinion setir dan lawannya. untuk menyetelnya hubungi mekanik langganan anda.

jika ingin menyetelnya sendiri, anda harus mencari letak setelannya. setelan berada di blok setir di arel pinion setir. bisa berupa baut yang dikunci dengan mur, atau lebih besar diameternya dan dengan mur pengunci yang besar juga. caranya kendurkan mur penguncinya, lalu putar setelan ke arah mengencangkan untuk membuang spelling terlalu panjang, dan arah mengendurkan untuk mengendurkannya. awas jangan terlalu keras. coba goyang2 setir. setelan yang pas itu bila diputar setir ringan tapi tidak ada speeling.

untuk memperbaiki tie rod rusak DISINI

sekian tentang Memperbaiki Jarak Bebas / Spelling Setir, semoga bermanfaat.............

Memperbaiki Jarak Bebas / Spelling Setir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia