Perawatan Sepeda Motor Bermesin Injeksi / Injection ( EFI )

MOBIL MOGOK - Sepeda motor di indonesia dengan memakai teknologi injeksi memang terhitung baru dibandingkan mobil. jadi tidak ada salahnya sekarang kita membahas bagaimana perawatan dan apa saja yang harus di perhatikan pada sepeda motor dengan jenis mesin injeksi. seperti diketahui dalam sistem mesin injection keseluruhan komponen kelistrikan dan pengabut bahan bakar memakai sensor2 untuk signal yang diteruskan ke control unit. sensor2 ini sangat sensitif jadi mari kita lihat bagaimana cara merawat sepeda motor bermesin injeksi yang baik.

Perawatan Sepeda Motor Bermesin Injeksi / Injection ( EFI )


- Perawatan Aki Atau Batery

Aki atau Batery sangat berperan penting, mengingat pada mesin injeksi semua serba elektrik maka untuk menjadikan semua bekerja dengan baik, kondisi aki sangat berperan penting.


Perwatan Sepeda Motor Bermesin Injeksi / Injection ( EFI )


- Bahan Bakar

Pada mesin yang masih menggunakan karbu. Ketika dilakukan pembongkaran pada karburator, kadang terlihat endapan warna putih, di dudukan spuyer dan itu terjadi saat memakai BBM jenis bensin. ini yang dikhawatirkan akan terjadi di sistem injeksi terutama pada nozle injector. akan menghambat dan mempengaruhi kualitas pengabutan bahan bakar. pertimbangkan untuk memakai bahan bakar oktan tinggi.

- Busi

Khusus motor atau matic injeksi, businya harus menggunakan yang berkode R (Resistansi). ini untuk mencegah terjadinya arus balik ke komponen kelistrikan injeksi dan meminimalisir timbulnya frekwensi yang tak diinginkan efek gelombang elektromagnet terhadap ECM dan sensor-sensor. 

- Filter Udara

Untuk melancarkan sirkulasi udara dan juga akurasi data dari Intake Air Temperature Sensor, maka filter harus rajin di bersihkan atau lakukan penggantian berkala. hindari juga membuka filter udara ( open filter ) karena akan berpengaruh pada data sensor, Sebab, akan berpengaruh terhadap IAPS. Debit udara yang dikonsumsi terbaca lebih banyak, tapi tak sebanding dengan debit BBM yang berdasar pada input dominan sensor lain.

- Kenalpot

Untuk jenis mesin injeksi biasanya terdapat sensor O2 di kenalpot, mengganti kenalpot harus mempertahankan keberadaan sensor tsb.

- Fuel Fiter

Nah ini yang kebanyakan terlipakan, karena kebanyakan letak fuel filter menyatu dengan Fuel Pump yakni di dalam tangki bahan bakar. untuk membersihkan Fuel Filter Harus membuka Fuel pump. Baca disini

sekian tentang Perwatan Sepeda Motor Bermesin Injeksi / Injection ( EFI ), semoga bermanfaat..........................

Perawatan Sepeda Motor Bermesin Injeksi / Injection ( EFI ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia