Seputar Masalah Roda kemudi ( Spooring & Balancing )

MOBIL MOGOK - Roda kemudi menjadi salah satu piranti pengatur arah bagi pengemudi. terjadi kerusakan pada sistem ini akan mengganggu keamanan anda di perjalanan. makanya penting untuk komponen yang satu ini selalu dalam keadaan baik. salah satu yang biasa dilakukan untuk perbaikan dan perawatan komponen ini adalah Spooring dan Balancing.

Spooring itu sendiri berarti "Keselarasan" dan Balancing adalah "keseimbangan". jadi penyetelan keselarasan dan keseimbangan seluruh roda kemudi dan piranti kemudi "setir" perlu di setel ulang dalam beberapa km pemakaian (perawatan berkala). ini untuk selalu mendapatkan keselarasan dan keseimbangan pada sitem roda2 kemudi. adapun masalah- masalah yang biasa terjadi pada sistem roda kemudi.

Seputar Masalah Roda kemudi ( Spooring & Balancing )




Tanda-tanda masalah pada system setir pada umumnya disebabkan oleh faktor sbb : 

  • Kemudi merasa berat disebabkan kendornya tali kipas serta juga barangkali oli kurangnya power steering. 
  • Getaran kuat pada kemudi disebabkan lemahnya system suspensi depan. Getaran ini juga dikarenakan oleh longgarnya batang penyambung (long tie road) pada system kemudi. 
  • Pemakaian ban berjenis radial yg terlampau lebar serta tekanan angin yg tidak sama untuk setiap ban bakal mengganggu kinerja setir. 
  • Penyetelan sector shaft yg tidak pas atau penyetel rack pada jenis rack and pinion terlampau kendur bisa bikin gerak bebas setir terlalu berlebih.
gejala tersebut biasanya akan terasa pada kecepatan 100 km/jam ke atas. makanya pengetesan setelah perbaikan pada sistem kemudi dilakukan pada kecepatan sekitar 100 km/jam.

- Baca juga cara memperbaiki BALL JOINT & TIE ROD
- Cara spooring sederhana dan spooring memakai benang 

sekian tentang Seputar Masalah Roda kemudi ( Spooring & Balancing ), terima kasih atas kunjunganya dan semoga bermanfaat..................

Seputar Masalah Roda kemudi ( Spooring & Balancing ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia