Seputar Oli Mesin Diesel / Diesel engine oil

MOBIL MOGOK - Oli mesin / engine oil merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dengan mesin mobil, fungsinya sebagai pelumas yang melumasi bagian2 mesin. Mesin diesel pun teknologinya berkembang pesat. Turbocharger kini banyak di pasangkan pada mesin diesel zaman sekarang. dan kebutuhan spek oli pun berkembang. kalo dilihat zaman dulu oli mesin diesel adalah rata2 SAE 40 oli yang lebih kental dibanding oli yang banyak dipakai pada mesin2 zaman sekarang.

Salah satu yang mempengaruhi kebutuhan oli2 lebih berkualitas adalah adanya turbocharger yang banyak terpasang di mobil2 bermesin diesel zaman sekarang. karena turbocharger menggunakan pelumas dari mesin maka dibutuhkan oli mesin lebih bagus mengingat kerja perangkat ini yang berputar kencang dan letaknya pada exhaust manipold yang pastinya suhunya bakalan panas.

Seputar Oli Mesin Diesel / Diesel engine oil


http://kurniots86.blogspot.com/2013/10/seputar-oli-mesin-diesel-diesel-engine.html

memilih oli yang aman itu adalah pakailah spesifikasi atau genuin dari pabrik, atau yang mutu dan spesifikasinya sama dengan rekomendasi pabrik. atau lebih bagus. nah pada spesifikasi oli terdapat API service ini juga penting diperhatikan bukan hanya SAE nya, tapi API nya pun harus sesuai. berikut API untuk oli mesin diesel. yang saya kutif dari "Wikipedia".

  • CJ-4
Diperkenalkan pada tahun 2006. Untuk mesin high speed, mesin 4-langkah yang didesain untuk memenuhi memenuhi standar emisi tahun 2007. Oli dengan kategori API CJ-4 memiliki kriteria performa lebih baik daripada yang dimiliki oleh oli-oli dengan kategori API CI-4 dengan CI-4 PLUS, CI-4, CH-4, CG-4 dan CF-4. Oli dengan kategori API CJ-4 juga mampu secara efektif melumasi mesin-mesin dengan kategori di bawahnya.
  • CI-4
Diperkenalkan sejak 5 September 2002. Untuk mesin high speed, four stroke engines yang didesain untuk memenuhi memenuhi standar emisi tahun 2004. Oli CI-4 diformulasikan menjaga durabilitas mesin dimana gas buangnya disirkulasi ulang. Digunakan untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur 0.5%. Bisa dipakai pada oli CD, CE, CF-4, CG-4 dan CH-4.
  • CG-4
Diperkenalkan sejak 1995. Untuk mesin kinerja sedang, high speed, four stroke engines. Digunakan untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur kurang 0.5%. Cocok untuk standar emisi 1994 Bisa dipakai pada oli CD, CE, dan CF-4.
  • CH-4
Diperkenalkan sejak 1998. Untuk mesin high speed, four stroke engines yang didesain untuk memenuhi memenuhi standar emisi tahun 1998. . Digunakan untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur lebih besar 0.5%. Bisa dipakai pada oli CD, CE, CF-4, dan CG-4.
  • CF-2
Diperkenalkan sejak 1994. Untuk mesin kinerja sedang, two stroke engines. Bisa dipakai pada oli CD-II.
  • CF-4
Diperkenalkan sejak 1990. Untuk mesin high speed, four stroke engines, naturally aspirated dan mesin turbocharger. Bisa dipakai pada oli CD, dan CE.
  • CF
Diperkenalkan sejak 1994. Untuk mesin off road, indirect injected dan beberapa mesin yang memakai bahan bakar dengan kandungan belerang/sulfur di atas 0.5%. Bisa mengganti pada oli CD.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Oli_mesin

sekian tentang Seputar Oli Mesin Diesel / Diesel engine oil, semoga bermanfaat................

Seputar Oli Mesin Diesel / Diesel engine oil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia