Cara Merawat Mesin Motor Atau Mobil Injeksi ( EFI )

MOBIL MOGOK - Merawat Mesin Motor / Mobil injeksi (EFI) itu tidak ada bedanya dengan mesin- mesin yang biasa yang masih menggunakan karburator. karena pada dasarnya prinsip dan cara kerjanya sama. hanya di ubah ke perangkat2 elektronik yang dibuat sedemikian akurat. pada dasarnya sama tidak ada yang berbeda. namun karena pada mesin - mesin injeksi banyak terdapat sensor maka diperlukan perawatan ekstra dan tak boleh gegabah.

Merawat mesin injeksi itu lebih simpel dan mudah menurut saya, dalam catatan merawat supaya lebih awet. namun untuk perbaikan saya sarankan anda datangi bengkel yang propesional di bidang ini. mengingat untuk sepeda motor di indonesia, teknologi mesin injeksi ini tergolong masih baru. beda dengan mobil yang kebanyakan udah pada bisa. disini akan saya bahas perawatan mesin injeksi yang bisa pemilik lakukan sehari-hari, perawatan ringan dan mudah. apa saja yang harus diperhatikan pada mesin2 injeksi agar awet dan performa tetap maksimal, berikut Cara Merawat Mesin Motor Atau Mobil Injeksi.

Cara Merawat Mesin Injeksi ( EFI )


1. Saringan Udara ( Air Filter )

Saringan yang satu ini sangat mempengaruhi kinerja mesin injeksi, seperti kita ketahui ada sensor kevakukan udara di intake manifold jadi jika saringan kotor, maka kevakuman udara meningkat dan akan berakibat bensin boros, tenaga hilang. juga akan membuat kotoran mengotori saluran intake manifold. untuk membersihkan saluran intake manifold anda bisa menggunakan Carburator Cleaner atau Carburator Spray, caranya baca DISINI.

2. Perawatan Accu / Aki / Batery

Perawatan Accu / Aki / Batery itu sangat penting pada mesin injeksi, mengingat seluruh komponen kelistrikan dari mulai Pompa Bahan Bakar, sensor-sensor, dan ECU bersumber tenaga dari batery. bayangkan jika batery ngedrop, dah pasti kinerja komponen tadi tidak maksimal dan akan berdampak pada performa kendaraan anda.

3. Kualitas Bahan Bakar

Jaga Kualitas bahan bakar anda, bahan bakar yang burk akan menyebabkan kerak pada sensor dan menyumbat nozel juga saluran bahan bakar. dan jangan biarkan bensin sampai kosong, jika bensin sampai habis akan agak sulit menghidupkan mesin karena ada udara di saluran bahan bakar.

4. Lakukan Pemeriksaan Tangki dan Saringan Bahan Bakar

Saringan Bensin / Fuel Filter pada mesin injeksi ada di dalam tangki menempel pada pomba bahan bakar ( fuel pump ) makanya menjaga tangki tetap bersih itu adalah penting. jika anda ingin membersihkan tangki dan membersihkan Saringan bensin, baca DISINI.

Nah itu tadi Cara Merawat Mesin Motor Atau Mobil Injeksi ( EFI ), semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Merawat Mesin Motor Atau Mobil Injeksi ( EFI ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia