Cek Busi Pemanas Mesin Diesel ( Glow Plug )

MOBIL MOGOK - Busi Pemanas / Glow Plug adalah komponen pada mesin diesel. meskipun ini terdapat pada mesin diesel, tapi tidak semua mesin diesel menggunakan busi pemanas atau glow plug. cara kerja alat ini adalah memanaskan area di ruang bakar untuk membantu menghasilkan udara panas saat kendaraan dingin dikarenakan pada mesin diesel tidak memakai percikan bunga api busi untuk pembakaran, melainkan udara panas dari hasil kompresi.


mobil dengan mesin diesel yang memakai busi pemanas atau glow plug adalah mobil yang menggunakan mesin diesel yang dilengkapi dengan ruang tambahan (auxiliary chamber). karena luas areal ruang bakar yang besar, maka udara hasil kompresi tidak cukup panas saat dingin. beda dengan mesin2 truk yang kapasitas mesinnya besar, banyak yang tidak menggunakan busi pemanas atau glow plug. makanya mesin diesel dengan memakai busi pemanas cenderung lebih adem sura mesinnya, beda dengan yang kompresi besar meski tidak diperlukan busi pemanas suara mesin lebih kasar.

Cek Busi Pemanas Mesin Diesel ( Glow Plug )


Cek Busi Pemanas Mesin Diesel ( Glow Plug )

Alat ini bekerja pada saat kunci kontak on maka otomatis alat ini bekerja memanaskan ruang bakar dan otomatis mati dalam jangka waktu tertentu. jika komponen busi pemanas atau glow plug rusak biasanya hal yang sering terjadi adalah mobil mesinya sulit hidup saat pagi hari atau dalam keadaan dingin. pengecekan bisa dilakukan dengan membukanya kemudian tempelkan ke body ( masa ) beri arus setrum dari aki. jika tidak memanas maka itu tandanya rusak. dalam keadaan yang bagus, pemanasan akan singkat.

sekian tentang Cek Busi Pemanas Mesin Diesel ( Glow Plug ), semoga bermanfaat..........

Cek Busi Pemanas Mesin Diesel ( Glow Plug ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia