Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel Dan Mesin Bensin

MOBIL MOGOK - Perbaikan Pada Mesin Diesel Atau Mesin Bensin Yang Mogok itu tidak sulit, hanya saja anda harus paham cara kerja mesin. Seorang pengemudi mobil pastinya pernah mengalami kejadian paling tidak mengenakkan saat berkendara, yaitu mogok di perjalanan. Kejadian itu pasti sangat menyebalkan apalagi dalam kondisi anda sedang mengejar waktu. Bagi sebagian orang yang paham tentang seluk beluk mesin, mungkin hal seperti ini tidak akan membuat panik. Lain hal jika anda awam atau hanya sedikit paham dengan seluk beluk mesin, pastinya anda akan panik. Ditambah kondisi jauh dari bengkel dan pemukiman, lengkap sudah penderitaan anda.

Dengan sedikit pengetahuan saya tentang seluk beluk mesin, Saya akan coba berbagi  tips-tips mencari penyebab dan memperbaiki mobil yang sering saya temukan saat memperbaiki mobil yang mogok di perjalanan, semoga bermanfaat untuk anda yang mengalami hal tersebut. Berikut tips-tipsnya :

Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel Dan Mesin Bensin

Perbaikan Pada Mesin Bensin Yang Mogok


Untuk mobil bensin :

1. Dorong mobil anda ke tempat aman, jangan lupa tarik rem tangan dan netralkan gigi transmisi.
2. Periksa daya batre 

  • Putar kunci kontak pada posisi on, lihat pada pada panel speedometer jika lampu kontol tidak menyala, kemungkina kabel aki longgar, kotor,  atau lepas. Bisa juga sikring putus. Buka box sikring dan periksa sikring “ ENGINE” lihat diagram di tutup box sikring. Jika putus ganti baru.

3. Periksa pengapian mesin

  • Periksa kabel setrum koil pastikan terkoneksi dengan baik
  • Periksa platina atau cdi , jika platina kotor, bersihkan dengan amplas. Pastikan platina bergerak buka tutup saat mesin di satater.
  • Periksa kabel busi, pastikan terkoneksi dengan baik.  cek arus dengan cara mencabut kabel yang ke busi, kemudian dekatkan ke body atau mesin dan stater, pastikan ada loncatan arus.
  • Buka dan bersihkan busi. jika terindikasi busi mati ada cara mengakalinya, klik disini

5. Periksa pemasok bahan bakar

  • Periksa suplai bahan bakar dengan cara mencabut selang bahan bakar kemudian di stater.
  • Periksa saringan bahan bakar. 

Bila semua sudah berfungsi dengan baik, coba nyalakan mesin. Bila masih tidak mau hidup, coba coba nyalakan mesin sambil membekap karburator. Untuk masalah pada dinamo stater, cek kabel switch dinamo. 

Bila anda berniat membersihkan karburator, berikut ini cara membersihkan karburator klik disini.

artikel yang kadang diperlukan dalam memperbaiki mobil mogok :

Perbaikan Pada Mesin Diesel Yang Mogok


Untuk Mesin Diesel :

Sebetulnya mesin diesel tidak rewel jika anda rutin melakukan perawatan berkala. penggantian saringan bahan bakar hal yang biasanya banyak orang terlupakan, padahal itu yang banyak menjadi sumber masalah pada mesin ini. ada tips ringan pengalaman saya untuk anda jika mobil anda mogok.

  • Jika indikator saringan bahan bakar anda menyala, buang air di saringan bahan bakar anda dengan cara memutar pembuangan di bawah saringan bahan bakar anda, setelah terbuang, tutup kembali.
  • Buka baud pembuangn atau baud selang/pipa saluran bahan bakar (tergantung jenis mobilnya) yang terdapat di injektor kemudian tekan berulang pompa saluran bahan bakar ( pompa diputar dulu untuk jenis truk) sampai keluar di baud pembuangan dan buih hilang. kemudian kencangkan kembali baud pembuangan.
  • Dengan memutar kontak pada posisi on, periksa arus stru kabel choke dengan menggesekan sedikit pada body. atau periksa gerak tuas choke pada jenis mobil dengan choke manual.
  • Setelah semua komponen dipastikan dalam kondisi baik, start mesin mobil anda.


Sekian tips Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel Dan Mesin Bensin dari saya mohon maaf bila banyak kekurangan, dan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Memperbaiki Mobil Mogok Bermesin Diesel Dan Mesin Bensin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia