Penyebab Oli Mesin Mobil / Motor Berkurang

MOBIL MOGOK - Oli mesin berkurang adalah kondisi kurang baik atau ada gejala kerusakan pada mesin Motor atau Mobil. Pada Sepeda Motor maupun Mobil sama saja, kerusakan mesin yang menyebabkan oli mesin berkurang kebanyakan berasal dari kerusakan komponen ruang bakar. terjadi oli yang masuk ke ruang pembakaran dan ikut terbakar. gejalanya bisa dilihat dari asap knalpot yang putih.

Bukan hanya terlihat di asap knalpot, namun ring piston aus juga akan terlihat asap putih pada saluran pernapasan mesin ( ablas). yang pada mesin bensin karena lubang pernafasan ini dimasukan ke kotak filter udara, akan membuat elemen filter udara basah oleh oli.

Penyebab Oli Mesin Mobil / Motor Berkurang


Penyebab Asap Knalpot Putih


Penyebab Oli Mesin Mobil / Motor Berkurang

Asap knalpot putih menjadi indikator adanya keausan pada komponen di ruang bakar. asap putih sendiri berasal dari oli yang terbakar yang akan mengakibatkan oli mesin berkurang karena sedikit demi sedikit ikut terbakar, ini biasanya terjadi akibat ring piston ataupun piston aus. bisa juga lubang cilinder ( boring ) yang aus. bukan hanya itu saja penyebabnya juga bisa diakibatkan oleh oil seal klep atau sil klep bocor. kondisi ini bukan hanya akan mengakibatkan oli selalu berkurang namun akan juga membuat busi cepat mati.

Kebocoran Gasket / Paking Mesin


kebocoran pada gasket dan yang lainya meskipun sedikit lama kelamaan ini juga bisa menjadi faktor penyebab oli mesin sering berkurang

jika menemui oli mesin sering berkurang, coba cek kerusakan dari beberapa Penyebab Oli Mesin Mobil / Motor Berkurang di atas untuk menemukan letak kerusakan. sekian dan terima kasih kunjungannya.

Penyebab Oli Mesin Mobil / Motor Berkurang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia