Perbedaan Engine Brake dan Exhaust Brake

MOBIL MOGOK - Pada Sistem Rem Kendaraan, disamping Sistem Rem utama dan rem tangan / Hand brake ada juga yang disebut Engine Brake dan Exhaust brake. namun yang lebih populer di kalangan pengemudi adalah yang disebut Engine Brake. sebagai pendukung rem utama untuk menghentikan laju kendaraan atau memperlambat laju kendaraan.

Perbedaan Engine Brake dan Exhaust Brake


Engine Brake adalah pengereman dengan memanfaatkan kekuatan mesin. Dapat dilakukan dengan cara menurunkan kecepatan kendaraan dengan cara menurunkan gigi secara beruntun. cara ini terbukti efektif saat anda membuthkan pengereman yang lebih saat dalam keadaan suatu hal. dan yang paling mudah menggunakan cara ini adalah sepeda motor.dan pada kendaraan berat cara ini mutlak dilakukan untuk membantu kinerja rem utama pada jalan menurun tajam. truk muatan biasa menggunakan gigi 2 atau 1 untuk membantu rem pada jalan menurun tajam.

exhaust brake adalah pengereman dengan menahan gas buang pembakaran mesin. cara kerja exhaust brake adalah menutup saluran gas buang (pipa knalpot) dari mesin sehingga tekanan gas buang akan naik karena tertahan. dengan tekanan di ruang bakar ini maka gerakan naik turun piston akan tertahan dan secara perlahan putaran mesin dan kecepatan kendaraan juga akan berkurang. Exhaust brake banyak terdapat pada kendaraan berat seperti truk.

sekian tentang Perbedaan Engine Brake dan Exhaust Brake, semoga bermanfaat....................


Perbedaan Engine Brake dan Exhaust Brake Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia