Fungsi N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) Pada Mesin

MOBIL MOGOKN20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) Adalah senyawa gas yang terdiri atas dua Unsur, yaitu Nitrogen dan Oksigen. Kandungan Oksigen yang dimiliki NOS adalah 36% dari total berat NOS itu sendiri. NOS adalah merk nitrous buatan Holley Motor Company. dan nama senyawanya sendiri itu adalah N20, namun nama bekennya yang banyak dikenal adalah Nitrous atau NOS ( Nitrous Oxide System ). Pada dasarnya apaun mereknya prinsip kerja N20 ini sama. yaitu Nitrous Oxide memisahkan diri menjadi Nitrogen dan Oksigen didalam ruang bakar, dan Jika bercampur dengan bahan bakar, Oksigen akan membantu pembakaran. Pada tekanan tinggi, sekitar 800psi.

N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) itu sendiri berbentuk cairan di dalam tabung. keuntungan lain bila menggunakan NOS. Dalam keadaan cair dan gas, volume NOS ini sangat minim. Sehingga tidak mengganggu aliran udara dan BBM yang masuk ke ruang bakar mesin melalui intake manifold, di dalam ruang bakar, NOS akan mengembang. Kompresi dan energi akan tercipta jauh lebih tinggi. Hasil akhir, jumlah bahan bakar yang dibakar akan bisa lebih banyak dan tenaga mesinpun bertambah.

Fungsi N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) Pada Mesin


Fungsi N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) Pada Mesin

N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) bisa dipakai pada mesin yang masih memakai karburator maupun injeksi, hanya saja proses instalasinya yang berbeda. beberapa cara instalasi untuk NOS, yaitu sistem Basah (Wet), Kering (Dry) dan Direct Port System. Masing-masing instalasi tersebut memiliki peralatan atau kit yang berbeda pula. 
  • Dry System Nitrous
Sistem pemasangan Dry System Nitrous ini membutuhkan extra injektor untuk bahan bakar, pemasangan nozzle di saluran intake Manifold. nitrous bercampur dengan bahan bakar di extra injektor ini, kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber.
  • Wet System Nitrous
Pemasangan Nitrous dengan sistem ini diantara manifold dan throttle body. atau single nozzle di saluran intake manifold. pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle maka dinamakan wet system, pemasangan ini relatif paling simple dan settingan lebih mudah.
  • Direct Port System Nitrous
Pemasangan Nitrous dengan Direct Port System ini yang paling rumit. ini membutukan pengeboran di manifold. pemsaangan yang langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. hanya saja nozzle yang bercampur bahan bakar dan nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. ada lagi jenis direct system yang multi-point. ini menghasilkan tenaga paling besar. nitrous disalurkan memalui 1 nozzle untuk 1 cylinder. ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yang lebih besar.

masuknya nitous ini via selenoid dan fogger jenisnya pun beragam. pemasangan nitrous, apapun tipe dan merknya. harus dipasang di orang yang mengerti dan ahli. hati-hati menggunakan NOS, jika tidak di instal dengan benar beresiko kerusakan, antara lain head jebol, conecting rod bengkok lalu macet, head bocor, atau lebih parah lagi meledak.

Sekian tentang Fungsi N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) Pada Mesin, semoga bermanfaat.............

Fungsi N20 / NOS ( Nitrous Oxide System ) Pada Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia