Arti Kode Rantai Sepeda Motor dan Fungsinya

MOBIL MOGOKRantai Roda Sepeda Motor mempunyai peranan penting sebagai pentransfer tenaga dari gearbox mesin ke Roda penggerak. Rantai Roda sepeda motor terdiri dari berbagai macam dan ukuran menurut kebutuhan spesifikasi dari sepeda motor tersebut. dan pemilihan Jenis rantai roda pada sepeda motor dari pabrikannya itu bukan asal pasang dan memang ada tujuanya. begitupun dengan para mekanik balap yang banyak memasang / merubah dengan rantai substitusi untuk mengikuti ubahan pada mesin motor yang telah di upgrade.

Jenis Rantai Roda Sepeda Motor itu beragam, rantai roda yang umum dipakai ada beberapa  tipe 415, 420, 428, 428H dan 520. Jenis rantai di bawah 428, biasanya diaplikasikan pada sepeda motor jenis bebek. Sedangkan 428 dan 520 diaplikasi untuk motor sport seperti Scorpio (428) dan Tiger (520). Angka ini, diambil dari pitch atau jarak celah antar gir,  untuk Kepentingan modifikasi kebanyakan mekanik menggunakan ukuran yang lebih besar untuk keawetan dari rantai tersebut. namun untuk yang mengejar akselerasi, banyak diaplikasikan rantai yang ukurannya lebih kecil supaya lebih ringan.

Arti Kode Rantai Sepeda Motor dan Fungsinya


Arti Kode Rantai Sepeda Motor dan Fungsinya

Adapun kode2 rantai yang memakai hurup seperti 420SB-102, 428H-116, dan 520V-106. apa sajakah ini artinya. memang hurup dan angka tersebut mempunyai arti dari jenis rantai tersebut. untuk 3 angka di depan itu sama seperti yang kita bahas di atas tadi yaitu diambil dari pitch atau jarak celah antar gir. dan untuk hurup dan angka berikutnya sebagai berikut.
  • SB berarti solid bushing
  • H artinya high tension (Rantai dengan kode H berarti pelat dalamnya lebih tebal)
  • V, tanda ada sil penahan gemuk di dinding luar bushing
  • Dan tiga angka dibelakang berarti jumlah mata rantai.
Nah itulah arti dari kode pada rantai dan satu hal mengenai rantai, memotong rantai itu lebih baik daripada menyambung rantai. jadi ketika akan membeli rantai untuk kepentingan modifikasi perhatikan jumlah mata rantai agar tidak kependekan. dan akhir kata sekian tentang Arti Kode Rantai Sepeda Motor dan Fungsinya dan semoga bermanfaat...........

Arti Kode Rantai Sepeda Motor dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia