Cara Korek Sepeda Motor Injeksi / Injection

MOBIL MOGOKSepeda Motor Injeksi / Injection ( EFI ) sepeda motor yang terkenal irit, kenapa bisa irit karena dengan teknologi Injeksi / Injection, bahan bakar yang masuk ke ruang bakar di injeksikan yang kebutuhan bahan bakarnya sudah diproses atau ditakar oleh sensor-sensor yang bermuara pada conrol unit ( ECU ) sesuai dengan kebutuhan mesin. dalam artian takaran yang diberikan selalu tepat dari putaran bawah sampai atas. namun di indonesia para pengendara sepeda motor mempunyai kebiasaan yang kurang puas dengan performa bawaan motor dari pabrik. jadi demam korek dan oprek sana oprek sini menjadi tren di kalangan para rider sepeda motor.

Bagi para biker, mengoprek mesin yang masih menggunakan karburator mungkin bukan hal yang sulit, tapi beda dengan sepeda motor yang sudah memakai teknologi FI atau Injection. yang mana semua diatur oleh sistem kontrol elektrik. nah, lantas apa saja yang harus di upgrade untuk korek harian sepeda motor injeksi / injection selain dari seting ulang noken as, kompresi dan stroke up dan bla...bla....bla..... yang pasti yang harus dilakukan penyetelan ulang adalah perangkat elektriknya.

Cara Korek Sepeda Motor Injeksi / Injection


Ada yang harus diganti atau ditambah pada sistem kontrolnya jika ingin menambah debet bahan bakar yang di semprotkan ke ruang bakar maka harus mengganti ECU/ECM atau memasang Piggyback. di pasaran sudah banyak tersedia Piggyback. apa itu Piggyback, Piggyback adalah alat yang mendukung kerja electronic control unit (ECU) yang berfungsi sebagai pusat kontrol mulai dari pengapian, sekaligus mengatur semprotan injeksi bahan bakar. secara Sederhananya alat ini adalah sebuah alat yang bisa memanipulasi data dari sensor-sensor elektronik yang terhubung dengan computer ECU pada sepeda motor ataupun mobil injection.


Jenis Piggyback di Pasaran

  1. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan /mapping, timing pengapian / ignition control dan sekaligus injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), Haltech Interceptor, seperti Dastek Unichip, dll.
  2. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan /mapping, injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), Power Commander, seperti Juice Box, Apexi NEO Fuel Controller, dll. model ini disebut juga dengan Programmable Fuel Controller.
  3. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan / mapping, timing pengapian / ignition control, seperti MSD Ignition Timing Control, dll. model ini disebut juga dengan Programmable Ignition Timing Controller.
sebetulnya masih banyak komponen pendukung yang lainya, tapi mungkin dibahas lain waktu. 
sekian tentang Cara Korek Sepeda Motor Injeksi / Injection, semoga bermanfaat....................

Cara Korek Sepeda Motor Injeksi / Injection Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia