Cara Memperbaiki Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor

MOBIL MOGOK - Kom Stir / Kom Leher sepeda motor terletak di leher kemudi. terdiri dari dua bagian atas dan bawah. jika Kom Stir / Kom Leher rusak biasa ditandai dengan setang goyang atau ada bunyi benturan jika menginjak lobang atau ada bunyi jika menekan rem depan. kondisi ini memang sangat membuat berkendara tidak nyaman. sebetulnya jika belum pernah mengalami penyetelan ini bisa di setel lagi dengan mengencangkan mur setelannnya yang terdapat di bawah segitiga dudukan stang untuk tipe motor sport dan di bawah stang untuk bebek.

Cara Memperbaiki Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor


Kom Stir / Kom Leher yang sudah seringkali di setel biasanya akan berat jika di belokan. namun meskipun stang sudah berat untuk di belokan leher tetap saja longgar, tandanya jika di rem depan masih terdengar bunyi " duk ". nah ini berarti longgar. kondisi ini sebenarnya akibat dari ball bearing aus. di tempat saya biasa disebut "pelor'.

Memperbaiki Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor
pelor kom stir

dan biasanya bagian ini yang aus, bukan dudukannya. nah jika anda berniat menggantinya, saya sarankan untuk mengganti dengan part yang orisinil, jangan pake yang aspal karena gak bakal awet. lumayan ribet juga tuh menggantinya hehehehe..... dan jika anda mau mensiasatinya, ada cara murah meriah nih. mau tahu, simak aja langsung dibawah.

Mensiasati Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor Awet


Ada cara yang sudah saya terapkan di Sepeda motor saya Honda Tiger, saya tidak mengganti Komstir motor saya ketika ball bearing / pelor kom stir sudah aus, tapi saya ganti ball bearing / pelor kom stir yang seperti gambar di atas dengan part dari sepeda. pergi ke toko sepeda, beli bola laher / ball bearing / pelor kom stir yang besarnya seperti bola2 di gambar tadi. beli sekantung atau sewadah. cara pasangnya berikut ini.

Cara Pasang Kom Stir / Kom leher


berikut ini cara pasang bola laher / ball bearing / pelor kom stir sepeda ke leher motor. oleskan stempet atau gemuk di dudukan pelor kom stir

Cara Memperbaiki Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor

Oleskan agak banyak, kemudian tata pelor kom stir sepeda di dudukan tersebut, akan menempel soalnya kan udah diberi gemuk / stempet. tata sampai penuh, kemudian ambil satu biji ( kurangi satu biji ) dan pasang kembali. ingat itu berlaku untuk bagian atas dan bawah. masih banyak kok sisanya buat cadangan.

sekian tentang Cara Memperbaiki Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor, semoga bermanfaat...............

Cara Memperbaiki Kom Stir / Kom leher Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia