Cara Mengatur Ulang Timing / Waktu Pengpian atau Ignition Timing

MOBIL MOGOK -Ignition Timing atau Waktu Pengapian pada mesin adalah saat ketika percikan bunga api pada busi yang diatur oleh Distributor pada Mobil dan Pulserpada sepeda motor. khusus untuk sepeda motor banyak para mekanik yang merubah derajat timing pengapian untuk apakah itu dan apa efeknya terhadap kinerja mesin. efeknya terhadap mesin adalah dengan derajat timing yang pas maka kinerja mesin akan maksimal.

Cara menseting ulang Timing pengapian atau Waktu Pengapian atau juga Ignition Timing pada mobil itu mudah karena dapat di setel yaitu dengan menggeserkan distributor. namun pada sepeda motor ini yang agak sulit karena umumnya tidak dapat di setel. dan jika ingin melakukan seting ulang waktu pengapian pada sepeda motor, berikut caranya.

Cara Mengatur Ulang Timing / Waktu Pengpian atau Ignition Timing


Untuk merubah waktu pengapian pada sepeda motor itu banyak caranya, yang pertama dengan mengaplikasikan CDI racing. CDI racing ada yang sudah bisa untuk di setel waktu pengapianya, seperti pada CDI BRT versi advance. namun jika tidak menggunakan CDI jenis tersebut kita bisa melakukan ubahan pada tonjolan di magnet atau menggerser pulsernya. pada magnet kita bisa menambah panjang tonjolan dengan las listrik dan jika kita menambahnya namun jangan lupa kita harus mengukur panjang total dulu, karena jika kita menambah maka kita juga harus membuang bagian di belakanynya dengan ukuran yang sama. dan untuk menggeser pulser kita bisa memperbesar atau merubah lobang bautnya.

Cara Mengatur Ulang Timing/Waktu Pengpian atau Ignition Timing
contoh untuk memundurkan

Untuk merubah Timing pengapian atau Waktu Pengapian atau juga Ignition Timing memang ada rumusnya namun jika tak mau ribet ya tinggal bereksperimen saja dengan menambah sedikit demi sedikit hehehehe....

Cara Mengatur Ulang Timing / Waktu Pengpian atau Ignition Timing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia