Cara Menggunakan Mobil 4WD / Double Handle

Cara Menggunakan Mobil 4WD / Double Handle

MOBIL MOGOKMobil 4WD / Double Handle atau lebih jelasnya mobil dengan sistem penggerak 4WD atau banyak disebut Double Handle adalah mobil yang memakai ke 4 rodanya untuk menggerakan kendaraan tersebut. Mobil 4WD (four wheel drive ) adalah system yang di pakai pada kendaraan yang memiliki tenaga penggerak pada ke empat rodanya. bertujuan untuk mendapatkan tenaga yang memadai dalam segala kondisi medan jalan.system 4WD ini menyalurkan tenaga mesin ke seluruh roda depan dan belakang mobil tersebut.

Mobil dengan sistem penggerak 4WD ini umumnya digunakan di daerah dengan medan jalan tanah dan lumpur, untuk menaklukan daerah medan terjal agar tidak selip. dan berdasarkan model dan jenisnya sistem 4WD sebagai berikut.
  • Manual : mengaktifkan4WD dilakukan secara mekanis dengan menggerakan tuas tertentupada beberapa nenis kendaraan bahkan perludi putar as pada poros rodanya.
  • Otomatis : mengaktifkan 4WD di lakukan dengan tombol atau sensor tertentu.
  • Part time : pengoprasian 4WD hanya pada saat tertentu sesuai kondisi jalan.
  • Full time : system 4WD selalu terpasang dalamsegala kondisi jalan.
Cara Menggunakan Mobil 4WD / Double Handle

Kelebihan dan Kelemahan Mobil 4WD

  • Kelebihan mobil 4WD
Kelebihan mobil 4WD adalah yang pastinya dapat menaklukan medan jalan yang berlumpur dan jelek. tenaga lebih besar dan stabil dijalanan dengan medan tanah, itu karena mobil jenis ini memakai ke 4 rodanya untuk bergerak. dan jauh terhindar dari resiko selip. juga kuat untuk menderek karena mempunyai pilihan gigi khusus untuk menaklukan tanjakan terjal.

  • Kelemahan Mobil 4WD
Kelemahan mobil 4WD adalah lebih kepada harganya, harga mobil 4WD pasti lebih mahal dan juga perawatanya. karena mobil 4WD menggunakan semua roda untuk bergerak maka terdapat dua gardan yang harus dirawat. maka untuk penggantian oli saja kan harus mengganti dua2nya. beda dengan mobil penggerak 2 roda yang hanya memiliki 1 gardan. dan jika ada 2 gardan maka as kopel dan as roda pun bertambah satu. dan dengan menggunakan semua roda untuk menggerakan kendaraan tersebut maka beban mesin akan bertambah, pastinya bahan bakar lebih boros.

Cara Mengoprasikan / Menggunakan Mobil 4WD

Beberapa skema Pepindaha Gigi Transmisi pada tuas transfer 4WD adalah 2H-4H-N-4L ada juga yang bertuliskan H2-H4-N-L4 atau juga H-N-L dll. setiap pabrikan dan jenisnya pasti beda. namun pada dasarnya penjelasan untuk skema tersebut adalah :

adalah posisi Netral dimana tidak ada tenaga yang tersalurkan ke roda.
  • 2H 
posisi tuas ini untuk di jalanan aspal disaat kita selalu berkendara di dalam kota dengan jalan aspal atau permukaan jalan yang keras. ini menggunakan 2 roda untuk penggerak.
  • 4H 
digunakan saat mobil akan mulai melintasi permukaan jalan yang kurang baik seperti tanah basah/lumpur dan licin yang menyebabkan roda mobil slip karena kurangnya traksi dan dapat juga digunakan di permukaan jalan yang keras tetapi sangat buruk permukaannya.
  • 4L 
posisi yang digunakan saat mobil akan melintasi medan yang ekstrim seperti tanjakan tinggi ataupun jalan menurun yang curam dan jelek serta berlumpur. Dengan menggunakan 4L, mobil anda akan bergerak lebih lambat tetapi memiliki tenaga lebih besar. efek pengereman mesin atau engine brake yang lebih kuat saat akan menuruni turunan curam akan didapat dari posisi ini.

sekian tentang Cara Menggunakan Mobil 4WD / Double Handle, semoga bermanfaat...............


Cara Menggunakan Mobil 4WD / Double Handle Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia