Cara Menyetel Dan Jenis Tensioner, Rantai Keteng / Kamrat

MOBIL MOGOK - Rantai Keteng / Kamrat adalah rantai yang menghubungkan antara Kruk as Dan Cam / Noken As. berfungsi untuk menyelaraskan putaran Kruk As dan Cam / Noken As untuk buka tutup klep. rantai keteng ini tergolong komponen yang bebas perawatan. dan kekencangan rantai keteng diatur oleh Tensioner. tensioner ini alat untuk mengatur kekencangan rantai keteng. jika rantai keteng kendur maka akan ada bunyi berisik di seputaran boring / cylinder. dan bahayanya gigi top bisa loncat yang akan mengakibatkan piston bertabrakan dengan klep.

Pada dasarnya Rantai keteng mempunyai ukuran dan panjang masing-masing sama seperti rantai roda. dan untuk tensioner pada sepeda motor itu ada beberapa jenis yaitu Tensioner Manual, Tensioner Semi Otomatis, dan Tensioner Otomatis. 

Cara Menyetel Tensioner Dan Jenis Tensioner


Cara Menyetel Dan Jenis Tensioner, Rantai Keteng / Kamrat

  • Tensioner Manual
 Tensioner manual, adalah Tensiner yang cara penyetelannya dengan cara melonggarkan mur pengunci setelan dan setelah itu baru baut penyetel dikeraskan sampai kekencangan pas ( bunyi berisik rantai keteng hilang). dan mur pengunci di keraskan kembali.

  • Tensioner Semi Otomatis
untuk jenis ini penyetelan dengan cara cukup melonggarkan baut penahan batang penegang, dan per tensioner akan mendorong sendiri batang penegang. setelah dirasa mesin halus kencangkan kembali baut penahan. namun kadang dorongan per pendorong batang penegang kurang kuat mendorong ketika rantai terlampau tua dan kendor. jadi bisa dibantu dengan sedikit mengencangkan dengan cara manual.

  • Tensioner Otomatis
pada jenis ini tidak perlu dilakukan penyetelan karena per akan terus mendorong batang penegang secara otomatis seperti pada Hoda Grand dll.

Dan satu hal untuk penyetelan Tensioner lebih baik saat mesin hidup untuk menghindari tensioner terlalu kencang. dan akhir kata sekian tentang Cara Menyetel Dan Jenis Tensioner, Rantai Keteng / Kamrat, semoga bermanfaat....

Cara Menyetel Dan Jenis Tensioner, Rantai Keteng / Kamrat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia