Efek Membuang Thermostat Radiator Mesin Mobil & Motor

MOBIL MOGOKThermostat & Radiator merupakan komponen sistem pendingin mesin. baik itu di mesin mobil maupun mesin sepeda motor. Thermostat berfungsi sebagai katup dimana jika mesin panas maka thermostat akan terbuka mengalirkan sirkulasi air yang panas menuju radiator untuk didinginkan dan dikembalikan lagi ke mesin sehingga suhu mesin turun dan optimal. Saat mesin masih dingin sirkulasi air pendingin hanya terjadi didalam mesin saja, tanpa melalui radiator karena Thermostat menutup jadi air yang harusnya mengalir kedalam radiator tertutup oleh thermostat dan akan melewati saluran bypass untuk kembali bersirkulasi kedalam mesin.

Pada umumnya temperature dimana mesin bisa bekerja optimal berkisar antara 80-90°C dan fungsi thermostat inilah yang menjaga suhu mesin tetap pada temperature optimal mesin. dan dengan tempratur yang terjaga pada tempratur kerja mesin yang optimal maka konsumsi bahan bakar pun akan irit. Mencabut thermostat adalah tindakan yang salah, efeknya mesin akan memakan waktu cukup lama untuk mencapai suhu kerjanya, bahkan bukan tidak mungkin tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. berakibat Suhu mesin pun menjadi tidak stabil, ketika sedang menuruni bukit atau kecepatan tinggi suhu mesin akan menjadi sangat dingin. dan akan menyebabkan boros BBM.

Efek Membuang Thermostat Radiator Mesin Mobil & Motor


Efek Membuang Thermostat Radiator Mesin Mobil & Motor

Overheat Akibat Thermostat


Masih Seputar Thermostat, sering terjadi kasus dimana terjadi mesin Overheat diakibatkan thermostat yang macet atau rusak. yang bisa menyebabkan cairan pendingin terhalang thermostat sisrkulasinya ketika cairan pendingin panas. dan akan terus panas sampai menyebabkan mesin macet atau ngebul. itu memang sering terjadi. tapi bukan berarti lantas anda mencabut Thermostat, itu tindakan yang salah. seharusnya thermostat itu di ganti. dan untuk menghindari kejadian tersebut, maka perlu dilakukan perawatan pada thermosthat.

Cara Merawat Thermostat


  1. Kuras dan ganti cairan pendingin Secara Teratur. dan gunakan cairan pendingin yang bagus atau rekomendasi pabrik.
  2. Hindari air ledeng dan air sumur, ini bisa menyebabkan karat dan kerak.
  3. Ganti Thermostat setiap 5 tahun.
  4. Ganti tutup radiator setiap 4-5 tahun.
  5. Rutin memeriksa Kipas radiator terutama untuk yang elektrik. kipas radiator akan bekerja ketika suhu mesin panas dan mati saat dingin.

nah sekian tentang Efek Membuang Thermostat Radiator Mesin Mobil & Motor, semoga bermanfaat.........

Efek Membuang Thermostat Radiator Mesin Mobil & Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia