Macam Jenis Rem Mobil dan Motor

MOBIL MOGOK - Rem sangat penting bagi kendaraan sebagai piranti untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan mobil dan motor. berdasarkan macamnya, rem dibagi atas Rem Kaki ( Foot Brake ), Rem Tangan ( Parking Brake ) dan Rem Tambahan ( Auxiliary Brake ). ada juga Engine Brake. khusu engine brake tidak menggunakan alat apupun. ini bekerja karena putaran mesin itu sendiri. nah untuk cara kerjanya atau media penghantar rem itu sendiri ada beberapa jenis yaitu rem mekanik, rem hydrolik, rem angin, dan rem vakum.

Dari bentuk kontruksinya, rem ada beberapa jenis yang biasa ditemukan pada kendaraan baik itu motor atau mobil. diantaranya Rem cakram (disk Brake), Rem Tromol (drum Brake). ngomong-ngomong soal rem sering kali kita dengar yang namanya ABS ( Anti-Lock Brake System ). lantas apakah ABS tersebut dan apa gunanya dalam sistem pengereman. ABS ( Anti-Lock Brake System ) adalah system pengereman yang dikontrol secara elektrolik,  menggunakan suatu unit komputer actuator yang berguna untuk mengendalikan tekanan hidrolik yang menuju ke disc brake caliper seluruh roda mobil tsb.

Macam Jenis Rem Mobil dan Motor


Anti-lock Brake Systems dirancang untuk mencegah terjadinya penguncian roda (wheel lockup) saat pengereman mendadak di segala medan jalan. Abs itu sendiri terdiri dari beberapa jenis. bukan hanya satu saja dan berikut beberapa jenis ABSAnti-Lock Brake System ).
  1. ABS dengan 4 - Sensor 4 - Channel.
  2. ABS dengan 4 - Sensor 3 - Channel.
  3. ABS dengan 3 - Sensor 3 - Channel.
  4. ABS dengan 1 - Sensor 1 - Channel.
Nah itu tadi sekilas tentang Macam Jenis Rem Mobil dan Motor, terimakasih kunjungannya dan semoga bermanfaat..........

Macam Jenis Rem Mobil dan Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia