Macam Jenis & Tips Memilih Cairan Pendingin / Radiator Coolant

MOBIL MOGOKCairan Pendingin adalah air radiator  ( Radiator Coolant ) yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin ketika bekerja. suhu mesin ketika mesin bekerja Tanpa sistem pendingin mesin, ruang pembakaran mesin dapat mencapai suhu sekitar 2.500 derajat celcius. dan suhu tersebut bisa membuat komponen lunak dan melebur. makanya ada yang namanya sistem pendingin yang menjaga suhu mesin ketika mesin sedang bekerja selalu berkisar antara 93 derajat celcius. Cairan pendingin pada kendaraan mobil dan motor pun meiliki titik didih yang berbeda-beda.

Macam Jenis & Tips Memilih Cairan Pendingin / Radiator Coolant


Selain melakukan perawatan berkala, agar seluruh sistem pendingin dapat bekerja secara maksimal, jenis cairan yang digunakan dan bersirkulasi pun tidak boleh sembarangan. air putih atau air ledeng memang dahulu umum digunakan, kini berbagai jenis cairan pendingin radiator (Radiator Coolant) di pasaran banyak kita jumpai, baik yang dapat langsung digunakan, atau yang harus diencerkan / ditambah terlebih dahulu dengan air sesuai perbadingan. 

Penggunaan Cairan Pendingin atau air radiator harus yang sesuai rekomendasi. penggunaan cairan pendingin mesin yang sembarangan dapat menimbulkan karat dan kerak. ini tidak baik untuk mesin bisa berakibat saluran pendingin berkarat dan kerak bisa menimbulkan masalah Thermosthat macet akibat kerak. bahayanya mesin bisa panas dan Overheat. jadi menggunakan cairan pendingin sesuai rekomendasi pabrik atau cairan pendingin khusus ( Radiator Coolant ) adalah penting untuk menjaga suhu mesin dan mencegah korosi.

Perawatan Berkala Cairan Pendingin


Perawatan berkala untuk cairan pendingin juga diperlukan untuk mencegah mesin overheat. dan berikut beberapa artikel yang terkait.

Macam Jenis & Tips Memilih Cairan Pendingin / Radiator Coolant Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia